Bukan Daki, Lipatan Hitam di Badan Bisa Pertanda Gula Darah Tinggi, Kata Dokter Prama Aditya

- 5 Juli 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi cek gula darah
Ilustrasi cek gula darah /Pexels/Artem Podrez

PRFMNEWS – Kondisi gula darah tinggi seperti pada penderita diabetes akibat kelebihan konsumsi karbohidrat dapat terdeteksi salah satunya dengan kemunculan lipatan kulit berwarna gelap di sejumlah area tubuh.

Orang awam mengira lipatan hitam akibat gula darah tinggi yang biasanya tampak jelas di leher belakang, ketiak, lipatan jari, selangkangan atau area tubuh lainnya ini sebagai daki, padahal bukan.

Dokter umum sekaligus konsultan gaya hidup sehat dr. Prama Aditya, B.Med.Sc., MKes., Aifo mengatakan, lipatan hitam di area badan tersebut bisa menandakan kadar insulin di darah sudah berlebihan.

Baca Juga: Akhir Pekan Ini Ada Karya Kreatif Jabar dan Tea Festival di Gedung Sate, Simak Apa Saja Acaranya

“Lipatan kulit yang hitam itu sebetulnya pertanda bahwa kondisi tubuh Anda itu sudah terlalu banyak kadar hormon insulinnya,” kata Prama Aditya, dikutip prfmnews.id dari akun Instagram @drpramaaditya, Rabu 5 Juli 2023.

Penyebab kenapa lipatan hitam bisa muncul, jelas Prama Aditya, biasanya karena gudang-gudang penampungan gula dalam tubuh sudah terlalu penuh dan tak bisa lagi menampung.

“Biasanya penyebabnya karena gudang-gudang penampungan gula ini sudah dipenuhi sama berbagai gula yang Anda makan. Bisa dari tepung-tepungan, karbohidrat atau dari gula itu sendiri,” paparnya.

Baca Juga: Pak Ogah di Bandung Harus Diapakan? Pengamat Transportasi Ungkap Pandangannya

Meski kondisi tersebut belum bisa dinyatakan 100 persen orang ini memiliki kelebihan gula darah, namun kemunculan lipatan hitam pada sejumlah bagian tubuh patut diwaspadai.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x