Dokter Zaidul Akbar Berikan Penjelasan tentang Mengapa Puasa Itu Keren

- 5 April 2023, 20:00 WIB
dr. Zaidul Akbar Berikan Penjelasan tentang Mengapa Puasa Itu Keren
dr. Zaidul Akbar Berikan Penjelasan tentang Mengapa Puasa Itu Keren /Instagram dr. Zaidul akbar

PRFMNEWS - Puasa merupakan suatu kegiatan yang wajib dilaksanakan di Bulan Ramadhan. Namun puasa tidak hanya dilaksanakan di Bulan Ramadhan saja, akan tetapi bisa di luar itu seperti puasa sunnah yang lainnya.

Banyak orang mengira puasa itu hanya sekedar menahan lapar, haus, dan untuk menurunkan berat badan saja. Itu persepsi yang salah. Lebih dari itu, Dokter Zaidul Akbar menyebutkan bahwa puasa itu menyimpan sejuta alasan yang keren dan luar biasa.

Seperti bisa mengurangi gula darah, turunnya tekanan darah, tubuh mulai memproduksi antioksidan, menurunkan peradangan, lalu menguatkan imunitas tubuh, meningkatkan pembakaran lemak, melindungi otak kita, dan menjadi sarana penghilang stress.

Baca Juga: Kental Nuansa Timur Tengah, Resto Unik di Bandung ini Diburu untuk Tempat Bukber Ramadhan

Apa yang terjadi ketika berpuasa? Salah satu yang terjadi adalah Autofagi. Autofagi adalah sel tubuh kita memakan sel tubuh yang rusak.

Maka dari itu jika kita membaca Surah Al-baqarah tentang ayat puasa, Allah SWT menjelaskan "Dan puasa itu lebih baik bagimu jika engkau mengetahuinya", kata dr. Zaidul Akbar.

Autofagi itu akan aktif jika seseorang dalam keadaan lapar. Maka dari itu iman seseorang bisa turun jika mengalami kekenyangan.

Baca Juga: Rekomendasi Steak di Kota Bandung yang Cocok untuk Bukber dengan Harga Terjangkau

Dikatakan oleh Ibnu Qayyim, salah satu dari 5 penyebab turunnya iman adalah terlalu banyak makan. Maka di dalam islam terdapat syariat untuk menghentikan makan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x