Waspada! Ini 7 Komplikasi Penyakit Berbahaya Karena Hipertensi

- 28 Januari 2023, 11:41 WIB
Ilustrasi pemeriksaan Hipertensi
Ilustrasi pemeriksaan Hipertensi /senivpetro

PRFMNEWS - Diam-diam mematikan atau “the silent killer,” ini istilah ini memang pantas menggambarkan bagaimana penyakit darah tinggi atau hipertensi yang bisa mengancam nyawa.

Kondisi tekanan darah yang tidak terkontrol menyebabkan disfungsi di sebagian organ tubuh, umumnya hal itu terjadi akibat komplikasi hipertensi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi ketika tekanan darah di atas batas normal. Seseorang mengalami darah tinggi atau hipertensi jika tekanan darah pada dua hari berbeda di atas 130 mmHg untuk sistolik dan/atau 80 mmHg untuk diastolik.

Baca Juga: Penelitian Jepang: Minum Kopi Dua Cangkir Sehari Bisa Tingkatkan Risiko Kematian pada Penderita Hipertensi

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tekanan darah ditulis dalam dua angka, yakni sistolik dan diastolik. Sistolik mewakili tekanan dalam pembuluh darah saat jantung berkontraksi atau berdenyut. Sementara diastolik mewakili tekanan dalam pembuluh darah saat jantung beristirahat di antara setiap denyut.

Berikut ini beberapa komplikasi yang bisa disebabkan tekanan darah tinggi.

1. Komplikasi hipertensi di bagian otak

Otak adalah organ yang sangat penting bagi manusia. Berfungsinya otak tak lepas dari suplai darah yang kaya nutrisi dan oksigen secara lancar. Namun, tekanan darah tinggi bisa menghalangi otak mendapat suplai yang cukup.

Beberapa jenis penyakit komplikasi hipertensi di bagian otak antara lain:

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x