Penelitian Jepang: Minum Kopi Dua Cangkir Sehari Bisa Tingkatkan Risiko Kematian pada Penderita Hipertensi

- 31 Desember 2022, 14:20 WIB
Ilustrasi kopi.
Ilustrasi kopi. /Pixabay/

 

PRFMNEWS - Minum dua cangkir kopi dalam sehari dikhawatirkan meningkatkan risiko kematian pada penderita darah tinggi.

Itu artinya, semakin banyak minum kopi dalam sehari, atau lebih dari dua cangkir dalam sehari, maka risiko kematian penderita darah tinggi pun semakin meningkat.

Sebuah penelitian di Jepang menemukan orang yang tekanan darahnya di atas 160/100 mmHg, dua kali lebih mungkin meninggal karena masalah jantung dibandingkan dengan orang dengan tingkat yang lebih rendah.

Baca Juga: 2 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Badan, Kata dr Zaidul Akbar

Baik atau tidaknya kopi untuk kesehatan telah lama diperdebatkan oleh para ilmuwan. Studi sebelumnya telah menemukan bahwa beberapa cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi semua penyebab kematian, sementara yang lain menghubungkan minuman tersebut dengan kanker.

Kafein, bahan yang paling menonjol dalam kopi, diketahui dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung seseorang untuk sementara waktu.

Masih belum jelas apakah minum kopi secara konsisten dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, kolesterol, atau efek berbahaya lainnya pada jantung dalam jangka panjang.

Baca Juga: Benarkah Minum 3 Cangkir Kopi Setiap Hari Bisa Sebabkan Payudara Mengecil? Cek Faktanya

Ada juga faktor luar yang berperan dalam minum kopi yang dapat mengaburkan jenis studi ini, seperti berapa banyak gula atau susu yang dimasukkan seseorang ke dalam minumannya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x