Waspadai Bahaya Komplikasi Campak pada Anak Bisa Ancam Kesehatan Paru-paru, Mata hingga Otak

- 23 Januari 2023, 16:10 WIB
Ilustrasi anak sakit.
Ilustrasi anak sakit. /pexels/ tima miroshnichenko


PRFMNEWS – Kenaikan kasus campak pada anak di Indonesia terjadi di tahun 2022. Kondisi ini salah satunya dipicu rendahnya tingkat anak menerima vaksinasi campak akibat pandemi Covid-19.

Padahal, gejala campak jika dibiarkan apalagi menyerang anak yang mengalami kondisi gizi buruk sehingga imun tubuh semakin menurun bisa berpotensi mengancam jiwa mereka.

Komplikasi penyakit campak pada anak dengan sistem kekebalan tubuh rendah juga dapat mengancam kesehatan saluran pencernaan, paru-paru, mata bahkan hingga ke otak.

Baca Juga: Ingin Vaksinasi Booster Kedua Mulai 24 Januari? Ini Daftar Jenis Vaksin Covid-19 dan Dosis yang Diberikan

Informasi seputar campak pada anak mulai dari gejala, penyebab, hingga upaya pencegahan, kata Prima, sangat penting untuk diketahui masyarakat khususnya para orangtua.

Agar kasus campak pada anak tidak terus tinggi di 2023, Prima meminta masyarakat untuk lebih peka terhadap penyebab, gejala, cara penularan, hingga upaya pencegahan campak.

“Komplikasi campak ini umumnya berat, kalau campak mengenai anak yang gizinya jelek maka anak ini bisa langsung disertai komplikasi seperti diare berat, pneumonia, radang paru, radang otak, infeksi di selaput matanya sampai menimbulkan kebutaan,” terangnya.

Baca Juga: Ditemukan di 25 Negara, XBB.1.5 ‘Kraken’ Jadi Varian Covid-19 Paling Menular, Picu Gejala Berat?

Prima lanjut menjelaskan tentang gejala campak yang secara umum dapat berupa demam, batuk pilek, mata berair, lalu muncul bintik-bintik merah di kulit pada 2-4 hari setelah dari gejala awal.

“Campak ini disebabkan oleh virus campak dan penularannya melalui droplet, percikan ludah saat batuk, bersin, bicara, atau bisa melalui cairan hidung. Dan campak ini salah satu penyakit yang sangat menular,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x