Bukan Terinjak, Hipoksia Jadi Penyebab Fatal Kematian di Kerumunan, Begini Cara Penanganannya Kata dr. Vito

- 13 November 2022, 21:30 WIB
Apa Itu Hipoksia? Begini Penjelasan, Gejala, dan Penyebabnya
Apa Itu Hipoksia? Begini Penjelasan, Gejala, dan Penyebabnya /PIXABAY

PRFMNEWS – Belakangan tingginya kasus kematian seseorang akibat terhimpit dalam kerumunan pada suatu acara menjadi sorotan publik.

Healthy vlogger dokter Vito A. Damay menyatakan penyebab tertinggi orang meninggal dalam kondisi terjepit kerumunan adalah hipoksia yang memicu orang itu menderita henti jantung.

Apa itu hipoksia yang bisa membuat orang henti jantung dan meninggal saat di kerumunan dan bagaimana cara yang harus dilakukan sebagai pertolongan pertama pada penderitanya?

Baca Juga: Pembelian Tiket Konser BLACKPINK di Indonesia Mulai Dibuka Besok, Dijual Mulai dari Rp1,3 Juta

Menurut dr. Vito A. Damay, penyebab terfatal orang meninggal dalam kerumunan itu bukanlah karena terinjak-injak, namun disebabkan paling utama akibat hipoksia.

“Orang mungkin berpikir ketika kerumunan terjadi, maka penyebab fatal kematian adalah karena terinjak-injak yang mengakibatkan tulang rusuknya patah, tapi sebenarnya justru yang sering terjadi yang paling fatal adalah hipoksia,” katanya, dikutip prfmnews.id dari YouTube DRV CHANNEL.

Fakta itu menurutnya sudah dibuktikan melalui suatu studi pada kasus tersebut. Bahkan pada orang sehat pun ketika dalam kondisi terhimpit kerumunan tetap berpotensi memicu hipoksia dan henti jantung.

“Ini sudah pernah dilakukan studi pada kasus ini, ternyata penyebab terfatal kematian tersebut adalah hipoksia. Karena orang yang harusnya dadanya kembang kempis tapi karena dihimpit oleh sedemikian banyak orang jadi tidak bisa bernapas dengan baik dan kekurangan oksigen,” jelasnya.

Baca Juga: Daftar Harga Tiket Konser BLACKPINK di Indonesia, Mulai Rp1,3 Juta Hingga Rp3,8 Juta

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x