Apakah Rokok Elektrik Berpotensi Sebabkan Gagal Ginjal Akut? Begini Penjelasannya

- 1 November 2022, 12:20 WIB
Ilustrasi vape.
Ilustrasi vape. /Pixabay/haiberleu

PRFMNEWS - Baru baru ini kita dihebohkan dengan adanya temuan cemaran Dietilen Glikol (DEG) dan Etilen Glikol (EG) pada obat sirup. Obat sirup awalnya menggunakan propilen glikol sebagai bahan pelarut.

Namun karena kelangkaan dan tingginya harga zat tersebut membuat beberapa pabrik obat yang kurang bertanggung jawab kemudian beralih menggunakan DEG dan EG sebagai pengganti bahan pelarut pada obat sirup.

Selain hal tersebut, beberapa berita juga menyebutkan bahwa pengguna vape (rokok elektrik) harus waspada karena asap yang ditelan penggunanya berpotensi menyebabkan penyakit gagal ginjal akut. Sebab, liquid pada vape disinyalir mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

Sejumlah asosiasi rokok elektrik menyatakan salah satu produk tembakau alternatif rendah risiko tersebut tidak berpotensi menyebabkan gagal ginjal akut seperti pada kasus obat batuk sirup.

Baca Juga: Bisa Terancam Pidana, Polisi Tegaskan Apotek di Jabar Dilarang Jual Obat Sirup Tercemar EG dan DEG

Ketua Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) Aryo Andrianto menjelaskan Propilen Glikol (PG) yang terdapat pada cairan rokok elektrik itu berbeda dengan Dietilen Glikol (DEG) dan Etilen Glikol (EG) pada kasus obat sirup yang sedang ramai dibicarakan.

"Belakangan ini kita dihadapkan pemberitaan yang menuduh rokok elektrik tidak aman karena mengandung zat yang tidak baik. Penjelasan ini ditujukan untuk pemberitaan yang tidak dipertanggungjawabkan tersebut,” kata Aryo dikutip ANTARA, Selasa, 1 November 2022.

Aryo mengatakan, berdasarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (U.S. Centers for Disease Control), PG adalah zat cair sintetis yang menyerap air.

Baca Juga: Mengenal Liquid Vape Lokal Bandung yang Mendunia Berkonsep 'Masa Depan'

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x