Ini 12 Manfaat Cabai Merah untuk Kesehatan, Menurunkan Risiko Diabetes sampai Menurunkan Berat Badan

- 26 Oktober 2022, 13:45 WIB
Cabai merah.
Cabai merah. /pixabay.com

PRFMNEWS - Untuk sebagian besar orang Asia terutama di Indonesia, tidak lengkap jika makan tanpa cabai. Begitu komentar orang yang suka makan cabe. Olahan cabe seperti sambal dan sebagainya membuat rasa masakan semakin kuat dan nikmat.

Tapi, pernahkah kamu berpikir, sebenarnya apakah sambal atau cabai memiliki manfaat atau tidak untuk kesehatan? Tidak hanya membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat, ternyata cabai merah yang menjadi bahan utama pembuat sambal juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan juga, lho. Kira-kira apa saja, ya, manfaatnya?

1. Menurunkan berat badan

Untuk kamu penikmat makanan pedas yang sedang ingin menurunkan berat badan atau sedang menjalani program diet, informasi ini bisa menjadi kabar bahagia. Pasalnya, cabe merah tidak hanya bisa memanjakan lidah kamu saja, tetapi juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan.

Cabe yang mengandung capsaicin ternyata mampu mempercepat metabolisme dan membantu tubuh lebih cepat dalam membakar kalori. Dengan kata lain, kandungan capsaicin pada cabai merah akan meningkatkan temperatur tubuh orang yang mengonsumsinya, sehingga dapat meningkatnya detak jantungnya menjadi lebih cepat.

Penelitian bahkan menunjukkan jika orang yang hobi mengonsumsi makanan pedas kebanyakan memiliki berat badan yang lebih terjaga.

Baca Juga: Suka Makanan Pedas? Ini Dia 5 Manfaat Cabai Untuk Kesehatan

2. Menyehatkan jantung

Kandungan capsaicin pada cabe merah diyakini juga mampu menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah terjadinya pembekuan darah. Penelitian lainnya menunjukkan masalah kesehatan jantung bisa diakibatkan oleh kadar kolesterol jahat/LDL yang menyumbat di pembuluh darah dan bisa berpengaruh pada kesehatan jantung.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x