Suka Makanan Pedas? Ini Dia 5 Manfaat Cabai Untuk Kesehatan

- 6 Oktober 2020, 21:52 WIB
Ilustrasi cabai
Ilustrasi cabai /Pixabay/@JillWellington



PRFMNEWS - Orang Indonesia sering mengonsumsi makanan yang pedas, contohnya saja sambal terasi, makaroni pedas dan lain sebagainya.

Makanan pedas memiliki bahan utama dari cabe. Cabe inilah yang menimbulkan rasa pedas dalam mulut ketika mengkonsumsi makanan yang pedas.

Di kutip dari Timesnownews, berikut 5 manfaat yang dapat dirasakan dari cabai untuk kesehatan tubuh kita.

Baca Juga: Ini Dia Top Go-To Merchant Baru ShopeePay yang Bermanfaat untuk Kamu

1. Kandungan vitamin C yang banyak

Di dalam cabe terdapat berbagai kandungan gizi yang dapat bermanfaat bagi tubuh salah satunya vitamin C. Vitamin C di dalam cabe berfungsi sebagai peningkat kekebalan pada tubuh.

Jumlah kandungan dalam vitamin C dalam cabe lebih banyak dibandingkan jeruk. Bahkan dalam setengah cangkir yang berisi cincangan cabe terkandung vitamin C sebesar 107,8 mg.

2. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian ditemukan bahwa cabai dapat menurunkan berat badan. Akan tetapi hal tersebut akan bekerja dengan diimbangi kegiatan yang dapat membakar lemak tubuh seperti berolahraga.

Baca Juga: Timnas U-19 Bakal Jalani Enam Uji Coba di Bulan Oktober, Simak Jadwalnya

3. Mencegah kanker

Mengonsumsi cabe dapat membantu dalam mengatasi sel kanker pada tubuh. Sebuah studi lab menunjukkan bahwa bahan kimia di dalam cabe memiliki fungsi untuk membunuh sel-sel dari kanker.

Dengan cara mengubah gen yang terhubung dengan sel-sel kanker bertindak dan dapat mencegah untuk tumbuh.

4. Mengurangi risiko penyakit

Cabe memiliki nutrisi yang dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko dari penyakit yang mematikan seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan lain-lain. Bahkan dengan mengonsumsi cabe selama 20 tahun tiap bulan dapat memangkas risiko kematian selama 13 tahun.

Baca Juga: Mengaku Sebagai Korban, Petinggi Sunda Empire Minta Dibebaskan dari Tuntutan Hukum

5. Pereda nyeri

Kandungan Capsaicin dalam cabe sering digunakan sebagai obat pereda nyeri. Digunakan sebagai tambahan atau campuran dengan pereda lainnya yang dapat membantu untuk mengurangi ketidaknyamanan dalam sendi. Capsaicin pun sering digunakan sebagai bahan dalam krim dan lotion.*** (Dwi Nurul/JOB)

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x