Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Terlalu Kompetitif

- 6 Oktober 2020, 14:50 WIB
SIKAP yang baik pada rekan kerja dapat membawa suasana positif di kantor.*
SIKAP yang baik pada rekan kerja dapat membawa suasana positif di kantor.* / Pexels /

PRFMNEWS - Persaingan di lingkungan kerja merupakan hal yang wajar. Sebab hal tersebut dapat memotivasi Anda untuk terus berkembang meningkatkan kreativitas dan produktivitas selama bekerja.

Tetapi, bekerja di sekitar rekan kerja yang terlalu kompetitif bisa menjadi sedikit masalah. Sifat berlebihan mereka untuk melebihi dalam segala hal dapat merugikan Anda, diantaranya tidak menyisakan sedikitpun kesempatan bagi Anda untuk lebih unggul.

Bagi Anda yang memiliki rekan kerja yang terlalu kompetitif, seperti dikutip dari India Times, berikut ini beberapa tips untuk menangani orang seperti itu.

Baca Juga: Tinggal 3 Hari Lagi! Penerima Prakerja Gelombang 7 Diminta Segera Beli Pelatihan Pertama

1. Bicara secara langsung
Merasa frustasi dan tetap berdiam diri menghadapi rekan kerja dengan tingkat kompetitif yang terlalu tinggi tidak ada gunanya. Cobalah untuk berkomunikasi dan berbicara secara langsung dengan rekan kerja. Sebab komunikasi menjadi dasar dan kunci untuk menyelesaikan suatu masalah.

2. Alihkan fokus ke diri sendiri
Rekan kerja yang terlalu kompetitif dapat memecah atau meng-ambyar-kan fokus terhadap diri sendiri. Sebab Anda berusaha keras untuk berubah karena tidak ingin kalah saing dengan rekan kerja Anda. Ini pun berpotensi membuat Anda lupa terhadap kelemahan dan kekuatan dalam diri sendiri.

Baca Juga: Resmi Berlaku, Tarif SWAB Test Dipatok Tertinggi Rp900 Ribu

3. Perluas pertemanan dengan orang lain
Relasi dan hubungan yang baik penting dilakukan saat Anda berada di lingkungan kerja. Sebab dengan hubungan perteman yang baik dan luas dapat membantu Anda agar tidak terlalu fokus memikirkan rekan kerja yang terlalu kompetitif itu.

Selain itu, relasi dan teman juga bisa membantu Anda mengkoordinasikan dan menyelesaikan masalah Anda dengan rekan kerja yang terlalu kompetitif itu.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x