Enam Literasi Dasar yang Harus Anda Ketahui

- 6 Oktober 2020, 12:38 WIB
Ilustrasi baca buku.*
Ilustrasi baca buku.* /Pixabay/

PRFMNEWS - Anda pasti tidak asing dengan kata literasi. Ya, kata ini biasanya identik dengan kegiatan membaca atau tulis menulis.

Namun tahukan anda, ternyata literasi tidak hanya mencakup dunia membaca atau tulis menulis saja. Dikutip dari laman resmi Gerakan Literasi Nasional (GLN) Kemdikbud, berdasarkan hasil kesepakatan World Economic Forum pada 2015 lalu, ada enam literasi dasar yang harus diketahui dan dikuasai oleh masyarakat. Berikut ini enam literasi dasar tersebut.

1. Literasi Baca dan Tulis
Literasi baca dan tulis merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis.

Baca Juga: Mardani Ali Sera : UU Cipta Kerja Masih Bisa Dibatalkan Dengan Judicial Review

2. Literasi Numerasi
Pengetahuan dan kecakapan untuk bisa memperoleh, menginterpretasikan, menggunakan, dan mengomunikasikan berbagai macam angka dan simbol matematika. Selain itu dalam literasi numerasi juga mencakup kemampuan menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk grafik, tabel, bagan, dan sebagainya.

3. Literasi Sains
Mampu mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta kemauan untuk terlibat dan peduli dalam isu-isu yang terkait sains, merupakan cakupan dari literasi sains.

Baca Juga: Ini Dia Top Go-To Merchant Baru ShopeePay yang Bermanfaat untuk Kamu

4. Literasi Digital
Literasi digital merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, serta tepat.

5. Literasi Finansial
Mampu mengaplikasikan pemahaman tentang konsep dan risiko, keterampilan, dan motivasi serta pemahaman agar dapat membuat keputusan yang efektif dalam konteks finansial untuk meningkatkan kesejahteraan finansial, merupakan cakupan dari literasi finansial.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x