8 Penyakit Langganan Saat Musim Hujan Tiba dan Tips Efektif untuk Mencegahnya

- 17 Oktober 2022, 08:30 WIB
Ilustrasi cuaca hujan.
Ilustrasi cuaca hujan. /pixabay.com

PRFMNEWS - Sejumlah wilayah di penjuru Tanah Air saat ini sudah mulai memasuki musim hujan. Bahkan dalam beberapa hari terakhir, cuaca ekstrem terjadi di beberapa tempat, menyebabkan bencana banjir yang melanda rumah dan pemukiman warga. Kondisi ini perlu diwaspadai mengingat periodenya yang masih cukup panjang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dalam keterangan tertulis menyebut, musim hujan di Indonesia diperkirakan terjadi mulai dari September, dengan puncaknya yang diprediksi berlangsung pada Desember 2022 dan Januari 2023.

Pada musim hujan, risiko terkena infeksi dan penyakit lebih tinggi karena meningkatnya kelembaban udara dan menurunnya daya tahan tubuh. Udara menjadi lebih dingin yang dapat menyebabkan kondisi kesehatan.

Faktanya, banyak virus dan bakteri berkembang biak dan menginfeksi manusia di musim hujan. Untuk itu, jangan sampai aktivitasmu terganggu oleh penyakit yang biasa menyerang saat musim hujan.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan yang Dianggap Sehat Namun Ternyata Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya hingga Kematian

Kenali penyakit apa saja yang sering menyerang dan bagaimana cara mencegah penyakit yang umum terjadi saat musim hujan . Berbagai cara bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar untuk menjauhkan diri dari penyakit di musim hujan. Simak langsung ulasannya dibawah ini:

1. Influenza/Flu

Penyakit pernapasan menular ini disebabkan oleh virus influenza yang dapat membuat seseorang yang terjangkit memiliki berbagai macam gejala. Mulai dari tidak enak badan, demam, rasa pegal dan linu, bersin-bersin, hingga tubuh yang lemas.

Virus Influenza menyebar melalui cairan tubuh seperti ingus atau air liur. Virus ini dapat ditularkan oleh orang yang terjangkit ke orang lain melalui mulut, hidung, hingga tangan yang telah menyentuh benda terkontaminasi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x