Obat Diabetes Digabung dengan Obat Herbal Apakah Boleh? Waspada Efek Sampingnya kata dr Cahyo

- 24 September 2022, 14:10 WIB
ilustrasi obat diabetes dan obat herbal
ilustrasi obat diabetes dan obat herbal /pexels/Karolina Grabowska/

PRFMNEWS - Beberapa penderita diabetes mungkin akan merasa khawatir apakah ada efek samping jika meminum obat diabetes bersamaan dengan obat herbal.

Mulai sekarang, Anda jangan bingung lagi karena dr Cahyo Purnomo akan menjelaskan apa efek samping dengan meminum dua jenis obat sekaligus.

Dikutip dari kanal Youtube-nya, dr Cahyo EDUKES, jika sebuah obat misalkan obat kimia dan herbal digunakan bersamaan maka dikhawatirkan bisa menyebabkan efek berlipat ganda, bukan cuma efek ganda.

Baca Juga: Penderita Diabetes Lapar pada Malam Hari? Begini Cara Mengatasinya kata dr Cahyo

"Mungkin anda berpikiran kalau misalkan minum obat diabetes ini kadar gulanya bisa turun 100, kemudian apabila minum jamu ini kadar gulanya juga turun 100, nanti jika diminum bersama-sama ini bisa turunnya kadar gulanya bisa turun sampai 200. Namun kenyataannya tidak seperti itu," kata dr Cahyo.

dr Cahyo menjelaskan, interaksi antara obat dengan jamu ini hitung-hitungannya tidak seperti itu, tidak selalu 1 tambah 1 Ini hasilnya adalah 2, seringkali yang terjadi adalah efeknya yaitu bisa menjadi 4 lalu bisa menjadi 7 dan seterusnya atau ibaratnya efek berlipat ganda.

Dokter Cahyo mengatakan pernah mendapati pasien yang meminum obat diabetes dokter dicampur dengan obat diabetes herbal.

Baca Juga: Hindari Satu Jenis Makanan Ini Saja Agar Terhindar dari Kerusakan Ginjal, Kata Ahli Herbal dr Zaidul Akbar

"Saya juga pernah menemui pasien dengan kondisi hipoglikemia. Setelah saya tanyakan ke keluarganya benar ternyata orang ini meminum obat yang diberikan oleh dokter ini bersama-sama dengan jamu herbal yang katanya dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x