Kolang-kaling Mampu Kontrol Gula Darah dan Risiko Komplikasi Diabetes, kata Dokter Cahyo

- 17 September 2022, 11:30 WIB
Ilustrasi, kolang kaling bisa kontrol gula darah cegah risiko komplikasi diabetes, menurut dokter Cahyo Purnomo.
Ilustrasi, kolang kaling bisa kontrol gula darah cegah risiko komplikasi diabetes, menurut dokter Cahyo Purnomo. /Instagram.com/@dapur.uri

PRFMNEWS - Pakar kesehatan dr. Cahyo Purnomo mengatakan, bahwa kolang-kaling baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Karena dapat membantu mengontrol gula darah.

Menurut dokter Cahyo, kolang-kaling ini termasuk makanan yang aman untuk penderita diabetes. Camilan kolang-kaling memiliki indeks glikemik rendah yakni di bawah 55.

Kemudian, kolang-kaling juga mempunyai beban indeks glikemik di bawah 10 yang tergolong rendah.

Baca Juga: Agar Bansos Tepat Sasaran, Pemerintah Kota Bandung dan BPS Sinergikan Data Regsosek

"Kolang-kaling termasuk makanan yang rendah kalori, rendah karbohidrat, rendah kandungan lemak, serta tinggi serat. Sehingga kolang-kaling bisa dimanfaatkan sebagai makanan tambahan agar penderita diabetes tetap kenyang saat mengurangi konsumsi nasi," kata dr Cahyo dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

Selain itu, dr. Cahyo menjelaskan bahwa kolang-kaling memiliki indeks glikemik rendah dan tinggi kandungan serat yang dapat membantu menurunkan risiko komplikasi diabetes.

Artinya dengan mengkonsumsi kolang-kaling dapat bermanfaat untuk menurunkan gula darah bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Berikut Ini 10 Perubahan Tubuh Ketika Seseorang Terkena Stroke, Dipaparkan Dokter Emasuperr

"Kemudian, kandungan lemak yang rendah juga didominasi kandungan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan, ditambah dengan kandungan serat yang tinggi akan bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada penderita diabetes," ujar dokter Cahyo.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: YouTube dr. Cahyo EDUKES


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x