Sampai Kapan Pasien Diabetes Harus Minum Obat Pengontrol Gula Darah? Begini Jawaban dr. Cahyo

- 15 September 2022, 20:15 WIB
Ilustrasi obat diabetes, sampai kapan harus dikonsumi penderita diabetes, begini penjelasan dokter Cahyo Purnomo.
Ilustrasi obat diabetes, sampai kapan harus dikonsumi penderita diabetes, begini penjelasan dokter Cahyo Purnomo. /Pixabay.com/Pexels

PRFMNEWS – Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo menjelaskan tentang seberapa penting pasien diabetes minum obat pengontrol gula darah agar tetap stabil dan tidak memicu komplikasi lainnya.

Lantas, sampai kapan penderita diabetes harus minum obat pengontrol darah yang diresepkan dokter, apakah boleh berhenti mengonsumsinya?

Dokter Cahyo Purnomo memaparkan terlebih dahulu bahwa seseorang yang baru saja didiagnosis menderita diabetes maka tidak akan langsung diminta minum obat pengontrol gula darah oleh dokter.

Baca Juga: Awas! Tanpa Disadari 6 Makanan Ini Menjadi Penyebab Gula Darah Tinggi, kata dr. Ema

Menurut dr. Cahyo Purnomo, pasien diabetes awal oleh dokter akan diminta mengubah pola hidup menjadi lebih sehat terlebih dahulu sebelum akhirnya diputuskan apa perlu minum obat pengontrol darah atau tidak.

“Mengatur pola makannya, rutin olahraga setiap hari, tidur cukup, menghindari stress, menghindari alkohol, dan makanan tidak sehat,” katanya, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

“Apabila dalam kurun waktu tertentu ternyata pola hidup sehat yang dilakukan penderita diabetes ini tidak mampu mengontrol kadar gula darahnya, maka dokter akan memutuskan mulai memberikan obat-obatan diabetes kepada pasien itu agar gula darahnya bisa terkontrol,” tambahnya.

Kemudian, dr. Cahyo menegaskan, konsumsi obat-obatan pengontrol kadar gula darah dari resep dokter ini bisa dihentikan apabila dalam kurun waktu tertentu, pasien diabetes ini sukses mengontrol gula darahnya secara mandiri.

Baca Juga: Indomaret Pasirjambu Kabupaten Bandung Roboh, Polisi: Tidak Ada Korban Jiwa

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah