Orang Diabetes Bisa Sembuh Total dan Tidak Harus Minum Obat Pengontrol Gula Darah? Ini Jawaban dr. Cahyo

- 15 September 2022, 21:00 WIB
Diabetes Bisa Sembuh Total dan Tidak Harus Minum Obat Pengontrol Gula Darah, simak jawaban dokter Cahyo
Diabetes Bisa Sembuh Total dan Tidak Harus Minum Obat Pengontrol Gula Darah, simak jawaban dokter Cahyo /Foto: Polina Tankilevitch/Pexels



PRFMNEWS - Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo menceritakan ada pasien diabetes yang bingung apakah penyakitnya ini bisa sembuh total sehingga tidak perlu lagi minum obat pengontrol gula darah.

Untuk menjawab benarkah pasien diabetes bisa sembuh total dan terbebas dari obat pengontrol gula darah, dr. Cahyo Purnomo coba menjelaskan tentang pemicu penyakit yang disebut juga kencing manis ini.

Diabetes, kata dr. Cahyo Purnomo, termasuk penyakit degeneratif atau disebabkan proses penuaan organ tubuh di mana terjadi penurunan kemampuan pankreas memproduksi hormon insulin dan menurunnya sensitivitas reseptor insulin.

Baca Juga: Penerangan Minim Bikin Was-was, Jalan Cimerang Bandung Barat Dikeluhkan Warga

Baca Juga: Pagi-pagi Warga Dibikin Geger Patung Maung 'Turun' dari Tugu di Jalan Citarum Bandung

“Jika jumlah produksi insulin dan sensitivitas reseptor insulin menurun, maka akan mengakibatkan gula darah tidak bisa digunakan sebagai sumber energi utama sehingga kadar gula darah akan meningkat,” ucapnya, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

Maka dari itu, dr. Cahyo menyebut, dokter akan meminta orang diabetes ini untuk rutin minum obat pengontrol gula darah jika kadar gula darah pasien ini sudah terlampau tinggi dan tidak bisa membuatnya kembali stabil dengan pola hidup sehat sehari-hari.

“Tujuan dokter meminta pasien diabetes minum obat adalah untuk mengontrol kadar gula darah yang berlebih, dengan cara meningkatkan kemampuan pankreas dalam memproduksi insulin juga meningkatkan sensitivitas reseptor insulin,” ungkapnya.

Baca Juga: Berikut Ini 10 Perubahan Tubuh Ketika Seseorang Terkena Stroke, Dipaparkan Dokter Emasuperr

Baca Juga: VIDEO: Indomaret di Pasirjambu Roboh Hari Ini

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: YouTube dr. Cahyo EDUKES


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x