Bolehkah Penderita Diabetes Mengkonsumsi Susu Kedelai? Berikut Penjelasan Dokter Cahyo Purnomo

- 2 September 2022, 20:00 WIB
Susu Kedelai aman dikonsumsi penderita diabetes? Simak penjelasan dokter Cahyo Purnomo.
Susu Kedelai aman dikonsumsi penderita diabetes? Simak penjelasan dokter Cahyo Purnomo. /Pixabay: bigfatcat/Pixabay

PRFMNEWS - Wajar ya apabila anda penderita diabetes takut untuk minum susu kedelai. Hal ini mungkin disebabkan karena tingginya kandungan karbohidrat di dalam kacang kedelai.

Dalam 100 gr kedelai ini terdapat karbohidrat sebesar 33,5 gr, nah ini tentunya lebih tinggi daripada kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam nasi.

Dalam 100 gr nasi ini terdapat karbohidrat sebesar 27,9 gr, namun walaupun kandungan karbohidratnya tinggi, kacang kedelai ternyata memiliki kandungan serat yang juga tinggi yaitu 17,7 gr. Jadi jauh lebih tinggi Apabila dibandingkan dengan kandungan serat yang terdapat di dalam nasi yaitu hanya sebesar 0,4 gr.

Baca Juga: Pengamat Kepolisian Nilai Putri Candrawathi Tidak Ditahan Menyakiti Rasa Keadilan Masyarakat

Hal ini berpengaruh pada indeks glikemiks yang dimiliki oleh kedelai, jadi akibat kandungan serat yang tinggi ini, indeks glikemiks kedelai ini termasuk indeks glikemiks yang rendah yaitu hanya sebesar 15 sampai dengan 20.

Selain itu, kacang kedelai ini juga memiliki beban glikemiks yang rendah yaitu di bawah 10. Walaupun kedelai ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, namun karena indeks glikemiknya rendah maka kedelai ini termasuk makanan yang aman bagi penderita diabetes.

Apalagi bila disajikan dalam bentuk susu kedelai dimana biasa kegunaan sari kedelai nya ini tidak terlalu banyak yaitu biasanya sekitar 25 gr, jadi hanya 1/4 dari 100 gr tadi.

Baca Juga: Gula Darah Auto Stabil Jika Konsisten Terapkan 5 Cara dari Pakar Kesehatan Satu Ini

Jadi apabila anda minum susu kedelainya hanya satu kali sehari ini tentunya aman bagi anda yang menderita diabetes karena penggunaannya dalam jumlah yang kecil.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah