Gula Darah Rendah Bisa Meninggal? Kenali 14 Tanda Hipoglikemia dan Cara Menanganinya Kata dr. Vania Utami

- 20 Agustus 2022, 20:25 WIB
Beredar kabar gula darah renda bisa bikin orang meninggal mendadak. Dokter Vania Utami ajak kita kenali 14 tanda hipoglikemia.
Beredar kabar gula darah renda bisa bikin orang meninggal mendadak. Dokter Vania Utami ajak kita kenali 14 tanda hipoglikemia. /Tangkap layar YouTube.com/Vania Utami

PRFMNEWS – Selain diabetes di mana kadar gula darah terlalu tinggi, gejala hipoglikemia juga wajib diketahui seseorang karena bisa berisiko kematian.

Hipoglikemia adalah kondisi kadar gula darah pada tubuh seseorang terlalu rendah di bawah rentang normal atau kurang dari 70 miligram/desiliter (mg/dl).

Healthy vlogger dokter Vania Utami mengatakan, kadar gula darah rendah atau hipoglikemia ini bisa membuat seseorang hilang kesadaran dan jika terlambat ditangani dapat berpotensi kematian.

Maka dr. Vania Utami menyarankan Anda untuk mengenali 14 tanda orang mengalami hipoglikemia agar cegah munculnya risiko kematian akibat tidak segera mendapat penanganan.

Baca Juga: Mengejutkan! Ternyata Ini Manfaat Jahe Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Atasi Migrain, Kata dr. Zaidul Akbar

Selain 14 gejala atau tanda hipoglikemia, dr. Vania Utami juga mengungkap cara lakukan pertolongan pertama pada orang yang mengalami penurunan kadar gula darah tersebut.

Cara atau tips memberi pertolongan pertama bagi orang hipoglikemia ini wajib dilakukan sesegera mungkin terlebih bagi penderita yang sudah kehilangan kesadaran.

Dokter Vania Utami menyebut, berdasarkan Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) dan American Diabetes Association, hipoglikemia terbagi atas lima kategori:

1. Hipoglikemia berat

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x