Hindari Kematian, Orang Diabetes Wajib Waspadai 11 Tanda Gula Darah Turun Drastis Kata dr. Cahyo

- 20 Agustus 2022, 21:00 WIB
, Orang Diabetes Wajib Waspadai 11 Tanda Gula Darah Turun Drastis Kata Dokter Cahyo Purnomo.
, Orang Diabetes Wajib Waspadai 11 Tanda Gula Darah Turun Drastis Kata Dokter Cahyo Purnomo. /Pixabay/Steve Buissinne

PRFMNEWS – Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo menegaskan, penderita diabetes wajib mengetahui tanda jika dirinya mengalami hipoglikemia atau kadar gula darah turun drastis dalam satu waktu.

Menurut dr. Cahyo Purnomo, gejala gula darah turun drastis pada penderita diabetes ini jika tidak segera diketahui dan disadari akan sangat berbahaya karena bisa berpotensi kematian.

Ada 11 gejala atau tanda gula darah turun drastis, kata dr. Cahyo Purnomo, yang wajib diketahui untuk mencegah risiko terburuk penderita diabetes meninggal dunia karena telat ditangani.

Selain gejala, dr. Cahyo juga berbagi cara lakukan pertolongan pertama pada penderita diabetes yang mengalami kondisi gula darah turun drastis untuk mencegah risiko kematian.

Baca Juga: Jangan Pilih Buah dan Sayur yang Ada Kandungan Racun Seperti Ini, Dijelaskan dr Ema Surya Pertiwi

Dari 11 tanda hipoglikemia ini, dr. Cahyo Purnomo mengatakan bahwa gejala nomor 1 sampai 6 bisa dirasakan pada tubuh penderita diabetes itu sendiri.

Selain itu, tanda gula darah turun drastis nomor 1 sampai 6 ini muncul secara hampir bersamaan dan berkelanjutan, biasanya beberapa saat setelah meminum obat pengontrol gula darah.

Namun perlu dipahami, tidak selalu penderita diabetes setelah minum obat pengontrol darah akan mengalami hipoglikemia. Kasus ini hanya terjadi pada pasien diabetes tertentu.

Sementara, tanda hipoglikemia selanjutnya nomor 7 sampai 11, ujar dr. Cahyo Purnomo dapat dikenali dari pengamatan orang-orang sekitar penderita diabetes tersebut.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: YouTube dr. Cahyo EDUKES


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x