Pengganti Gula Bebas Kalori dan Indeks Glikemik Baik untuk Obesitas dan Diabetes

- 13 Agustus 2022, 18:40 WIB
Bahan alami pengganti gula pasir bagi penderita penyakit diabetes, kata dokter Grand Lich.
Bahan alami pengganti gula pasir bagi penderita penyakit diabetes, kata dokter Grand Lich. /PIXABAY/955169

PRFMNEWS - Dokter Grand Lich membeberkan tentang salah satu pengganti gula bebas kalori dan indeks glikemik baik buat obesitas dan diabetes.

Seperti diketahui bahwa gula merupakan salah satu makanan yang harus dibatasi atau bahkan dijauhi oleh penderita diabetes, karena dapat meningkatkan kadar gula darah.

Sebagai informasi, dalam setiap makanan ada yang namanya indeks glikemik. Yaitu suatu nilai dimana makanan tersebut bisa meningkatkan glukosa atau gula di dalam darah.

Gula pasir sendiri memiliki indeks glikemik sekitar 60, di mana nilai tersebut lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih yang berada di angka 70.

Baca Juga: Lagu Indonesia Raya Iringi Kepulangan Kloter Terakhir Jemaah Haji Indonesia ke Tanah Air

Oleh sebab itu pada pasien diabetes maupun pasien obesitas, sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi nasi putih. Karena diketahui indeks glikemik nasi putih bahkan lebih tinggi daripada gula pasir.

Lalu bagaimana dengan penderita diabetes yang bahkan tidak bisa lepas dari konsumsi nasi?

“Kalau seperti itu, maka harus distop gulanya, cari gula yang benar-benar kalorinya nol dan indeks glikemiknya nol juga,” kata dr. Grand seperti dikutip prfmnews.id melalui kanal YouTube Dokter Grand.

Ternyata ada salah satu tumbuhan yang sangat disarankan oleh dr. Grand bagi penderita diabetes dan cocok dijadikan sebagai pengganti gula.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x