CEK FAKTA Gula Batu Lebih Aman dari Gula Pasir untuk Penderita Diabetes? Ini Kata dr Cahyo

- 6 Agustus 2022, 10:20 WIB
Ilustrasi gula batu.
Ilustrasi gula batu. /Pixabay

PRFMNEWS – Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo menyebut, orang diabetes wajib hindari makanan dan minuman mengandung pemanis atau gula tinggi agar gula darah dalam tubuh tetap terkontrol.

Gula pasir, kata dr. Cahyo Purnomo, adalah salah satu pemanis yang perlu dihindari orang diabetes karena jika dikonsumsi rutin dalam jumlah berlebih dapat memicu gula darah naik drastis.

Beberapa orang diabetes, lanjut dr. Cahyo Purnomo, menilai gula batu lebih aman dan bagus dikonsumsi sebagai pengganti gula pasir karena rasanya yang tidak semanis gula pasir.

Baca Juga: Gula Darah Sulit Turun Jika Penderita Diabetes Masih Konsumsi 6 Jenis Makanan yang Disebut dr. Wayan Ini

Tapi, benarkah konsumsi gula batu jauh lebih sehat bagi orang diabetes dibandingkan gula pasir karena tidak membuat gula darah lebih cepat naik?

dr. Cahyo Purnomo menjelaskan, ada orang diabetes mengira bahwa rasa gula batu yang tidak semanis gula pasir membuat gula batu lebih aman dan cocok dikonsumsi oleh mereka.

Menurut dr. Cahyo, gula batu adalah larutan gula cair yang diolah dengan proses kristalisasi sehingga menjadi kembang gula yang bertekstur keras seperti batu.

Baca Juga: 15 Tanda-Tanda yang Terjadi pada Kaki Saat Gula Darah Sedang Tinggi, Ada yang Mirip Penyakit Kulit

Faktanya, bahan dasar yang digunakan untuk membuat gula batu sebenarnya sama dengan bahan dasar yang digunakan guna membuat gula pasir, yaitu sukrosa.

“Sehingga kandungan karbohidrat dalam gula batu hampir sama dengan gula pasir. Dalam 100 gr gula batu terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 99,70 gr, selisih sedikit dengan gula pasir 99,98 gr,” tuturnya, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x