6 Makanan Musuh Pasien Diabetes, dr. Vania Utami Sebut Orang Sehat Tanpa Gula Darah Tinggi Juga Perlu Batasi

- 3 Agustus 2022, 12:30 WIB
Makanan Musuh Pasien Diabetes, dibeberkan dokter Vania Utami
Makanan Musuh Pasien Diabetes, dibeberkan dokter Vania Utami /Pavel Danilyuk/Pexels

PRFMNEWS - Pasien diabetes wajib menghindari enam makanan dan minuman yang jadi pantangan karena bisa cepat membuat gula darah naik tinggi, meski sebenarnya paling sering dikonsumsi di Indonesia.

Daftar enam makanan dan minuman yang harus dihindari bagi pasien diabetes karena merupakan musuh orang dengan gula darah tinggi ini diungkap healthy vlogger dokter Vania Utami.

Bahkan, dr. Vania Utami menyebut, enam makanan dan minuman musuh pasien diabetes ini juga perlu dibatasi konsumsinya bagi orang sehat dengan kadar gula darah normal.

Baca Juga: 7 Gejala Diabetes Awal Wanita Bisa Diketahui Beberapa Sebab Ini, No 1 Sering Dialami, kata dr Saddam Ismail

Jika tidak dibatasi, dr. Vania Utami mengatakan, orang tersebut berpotensi diabetes karena kadar gula darah di tubuhnya bisa terus merangkak naik yang juga mampu memicu penyakit berbahaya lain.

Daftar enam makanan dan minuman yang jadi pantangan bagi orang diabetes menurut dr. Vania Utami ini tergolong dalam kategori karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi.

Karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi inilah, kata dr. Vania Utami ketika dikonsumsi maka akan lebih cepat dicerna dan diserap oleh tubuh sehingga semakin cepat pula meningkatkan gula darah.

Namun sebaliknya, ujarnya, makanan dan minuman sumber karbohidrat dengan indeks glikemik rendah, maka akan lebih lambat dicerna dan diserap tubuh yang membuat gula darah juga makin lama naik.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 5 Kebiasaan ini Sebabkan Diabetes, Termasuk Sering Duduk

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x