Apakah Kecap Boleh untuk Penderita Diabetes? Simak Kata dr Cahyo

- 7 Agustus 2022, 13:00 WIB
Ilustrasi kecap. Bolehkan penderita diabetes makan kecap?
Ilustrasi kecap. Bolehkan penderita diabetes makan kecap? /pixabay.com/ANDRODYN


PRFMNEWS - Siapa yang tidak tahu salah satu bumbu dapur ini? Ya kecap adalah bumbu dapur yang rasanya ada asin dan manis. Namun biasanya kecap ini condong ke rasa yang manis.

Kecap biasanya di masak sebagai makanan yang lezat seperti nasi goreng, sate, semur dan ayam bakar. Namun bagi penderita diabetes apa boleh mengkonsumsi kecap?

Simak penjelasannya seperti yang disampaikan dr Cahyo melalui Kanal Youtube dr Cahyo EDUKES.

Baca Juga: dr Clarin Hayes Ungkap Cara Cegah Diabetes pada Usia Muda

Bagi penderita diabetes ini penting untuk mengatur takaran makanan yang mengandung gula agar kadar gula darahnya selalu terkontrol.

Karena bila gula darah selalu tinggi akibat sering mengkonsumsi makanan tinggi kandungan gula ini akan menyebabkan segera timbulnya berbagai penyakit komplikasi akibat diabetes.

Bila anda menderita diabetes kemudian suka mengkonsumsi makanan yang mengandung kecap ini, anda harus benar-benar memperhitungkan takaran penggunaan kecap dalam makanan yang dimakan, kecap yang dimaksud adalah kecap manis dimana memiliki kandungan gula yang tinggi.

Baca Juga: CEK FAKTA: Makan Pete Baik bagi Orang Diabetes Bisa Bantu Turunkan Gula Darah? Ini Penjelasan dr. Cahyo

Dalam satu sendok kecap mengandung sekitar 4 gr gula, jadi dalam hal ini kecap bisa dikatakan termasuk dalam jenis bahan makanan yang kurang baik bagi penderita diabetes.

Karena bila digunakan dalam jumlah banyak dan frekuensi yang sering, bisa beresiko meningkatkan kadar gula darah dari penderita diabetes, walaupun kecap kurang baik bagi penderita diabetes.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah