Pengaruh Rokok Terhadap Otot Dijelaskan dr Saddam Ismail, Salah Satunya Sering Kram

- 6 Agustus 2022, 12:20 WIB
Ilustrasi rokok
Ilustrasi rokok /Pixabay/Klimkin


PRFMNEWS – Perokok tentunya telah mengetahui terkait dampak buruk rokok bagi kesehatan. Namun tak banyak yang mengetahui rokok ternyata bisa berpengaruh terhadap otot.

“Karena merokok asapnya kemudian sampai ke pembuluh darah kemudian sampai ke sel-sel tubuh kita ke jaringan tubuh kita,” jelas dr Saddam Ismail pada kanal YouTubenya.

Terdapat 4 pengaruh rokok terhadap otot sebagaimana dijelaskan dr Saddam Ismail sebagai berikut:

Baca Juga: 3 Penyakit ini Paling Banyak Muncul pada Anak yang Sering Terkena Asap Rokok, Dijelaskan dr. Adam Prabata

1. Menghambat pertumbuhan sel otot

Merokok dapat menghambat pertumbuhan sel otot dari latihan fisik. Bagi yang sedang ingin meningkatkan massa otot akan terhambat karena untuk meregenerasi sel-sel otot yang baru yang terganggu.

“Merokok dapat mengganggu metabolisme otot, meningkatkan peradangan dan stres oksidatif, aktivitas berlebihan gen yang memicu atrofi otot ataupun pengecilan otot,” jelas dr Saddam Ismail.

2. Meningkatkan risiko cedera

Merokok meningkatkan risiko cedera otot, seperti terkilir ataupun keseleo. Hal tersebut karena orang yang merokok ototnya akan cenderung mudah lelah dan berkurangnya kemampuan untuk memulihkan diri.

“Sehingga meningkatkan resiko peradangan pada otot, ketegangan pada otot, kelelahan pada otot, nah Jadi intinya otot teman-teman gampang jadi cedera,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x