Berikut Gejala Awal dan Cara Penularan Virus Cacar Monyet, Yana Mulyana Ajak Warga Bandung Terapkan PHBS

- 4 Agustus 2022, 13:15 WIB
Ciri-Ciri Cacar Monyet.
Ciri-Ciri Cacar Monyet. /Pixabay.com/Alexandra_Koch

PRFMNEWS - Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengajak masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) demi menghindari dari segala macam paparan virus, termasuk virus cacar monyet atau monkeypox.

Saat ini beberapa negara di dunia sedang dihebohkan dengan kasus penularan virus cacar monyet dan mendapatkan sorotan dari WHO.

Bahkan kasus ini juga ditemukan di negara non endemik. Selain ditularkan oleh binatang yang terinfeksi, cacar monyet juga bisa menular antar manusia.

Baca Juga: 8 Pertanyaan Soal Cacar Monyet, Siapa Paling Rentan Terinfeksi hingga Bahayanya bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Cacar monyet sendiri adalah jenis penyakit zoonosis silavatik (syvatic zoonoses) yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia dan biasanya ditemukan di wilayah-wilayah berhutan di Afrika Tengah dan Afrika Barat.

Cacar monyet merupakan infeksi virus yang ditandai dengan bintil bernanah di kulit, bisa menular dari orang ke orang, namun sumber utamanya adalah hewan seperti tikus, monyet atau tupai yang terinfeksi.

Penularan cacar monyet yang terjadi antara manusia yaitu melalui percikan liur yang masuk melalui mata, mulut, hidung, atau luka di kulit.

Baca Juga: Pasien Suspek Cacar Monyet Ditemukan di Jateng, Ganjar Pranowo: Nggak Perlu Panik

Penularan juga bisa terjadi melalui benda yang terkontaminasi, seperti pakaian penderita.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x