8 Pertanyaan Soal Cacar Monyet, Siapa Paling Rentan Terinfeksi hingga Bahayanya bagi Ibu Hamil dan Menyusui

- 4 Agustus 2022, 08:45 WIB
Ilustrasi monkeypox atau cacar monyet.
Ilustrasi monkeypox atau cacar monyet. /Dado Ruvic/Reuters

PRFMNEWS – Sejumlah pertanyaan seputar virus cacar monyet atau monkeypox terus bermunculan mengingat wabah ini perlu diwaspadai penularannya.

Gejala, pengobatan, siapa orang paling rentan tertular, hingga cara penularan virus cacar monyet menjadi beberapa contoh pertanyaan masyarakat yang kerap ditanyakan.

Berikut ini delapan pertanyaan seputar penyakit cacar monyet yang kami rangkumkan dari laman resmi Kementerian Kesehatan:

1. Apa itu penyakit cacar monyet?

Monkeypox adalah penyakit yang disebabkan virus monkeypox. Pada asalnya, penyakit ini adalah penyakit zoonosis, yang berarti ditularkan dari hewan ke manusia. Penyakit ini juga dapat menyebar dari manusia ke manusia.

Baca Juga: Pasien Suspek Cacar Monyet Ditemukan di Jateng, Ganjar Pranowo: Nggak Perlu Panik

2. Apa saja gejala cacar monyet?

Gejala tiap orang terinfeksi virus monkeypox bisa berbeda-beda, ada yang ringan hingga berat. Orang yang berisiko lebih tinggi munculkan gejala lebih parah adalah mereka yang sedang hamil, anak-anak, dan orang-orang dengan penyakit kekebalan tubuh.

Gejala monkeypox biasanya demam, sakit kepala hebat, nyeri otot, sakit punggung, lemas, pembengkakan kelenjar getah bening (di leher, ketiak atau selangkangan) dan ruam atau lesi kulit.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x