Kemenkes Ungkap Gejala dan Cara Penularan Cacar Monyet, Bisa Picu Komplikasi Penyakit hingga Kebutaan

- 4 Agustus 2022, 08:15 WIB
Ilustrasi cacar monyet (monkeypox).
Ilustrasi cacar monyet (monkeypox). /Pixabay/geralt/

PRFMNEWS – Ketahui gejala, cara penularan, dan masa inkubasi virus cacar monyet atau monkeypox yang dipaparkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Informasi tentang gejala, cara penularan, dan masa inkubasi cacar monyet ini disampaikan Juru Bicara Kemenkes RI dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH.

Cara penularan virus cacar monyet, kata Syahril, bisa terjadi dari hewan ke hewan, hewan ke manusia, dan manusia ke manusia melalui kontak langsung.

Syahril menjelaskan, penularan cacar monyet dari hewan ke manusia melalui cairan tubuh terutama bagian tubuh yang ada cacar, seperti di sekitar muka atau tubuh hewan.

Baca Juga: Pasien Suspek Cacar Monyet Ditemukan di Jateng, Ganjar Pranowo: Nggak Perlu Panik

Selain itu, lanjutnya, cara penularan cacar monyet ke manusia bisa melalui daging hewan terinfeksi virus tersebut yang tidak dimasak secara matang.

Sedangkan penularan dari manusia ke manusia bisa melalui udara, cairan tubuh atau cacar yang ada di muka, mulut, tangan maupun di badan. Jika kontak langsung bisa melalui saluran napas atau droplet.

“Ini juga bisa menjadi sumber penularan dan juga ada penularan dari ibu ke bayi melalui transmisi atau plasentanya,” ucap Syahril, dikutip prfmnews.id dari laman resmi Kemenkes.

Baca Juga: Virus Cacar Monyet atau Monkeypox akan Menular Jika Sudah Timbulkan Gejala, Begini Ciri-Ciri Awalnya

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x