2 Penyebab Kaki Bengkak pada Penderita Penyakit Diabetes, Begini Penjelasan Medis Dokter Cahyo

- 1 Agustus 2022, 20:56 WIB
Ilustrasi Diabetes
Ilustrasi Diabetes /Pixabay.com


PRFMNEWS - Pada dasarnya, penyakit diabetes bisa menyebabkan kaki menjadi bengkak.

Dokter Cahyo Purnomo menjelaskan, hal ini disebabkan oleh 2 penyakit yang muncul akibat kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes, kemudian tidak dikontrol dengan baik pada jangka waktu yang lama sehingga menyebabkan terjadinya hal-hal berikut ini.

Pertama, penyakit kaki diabetes dimana penyakit kaki diabetes ini ketika kaki mengalami luka pada seseorang penderita diabetes ini cenderung akan mengalami infeksi yang cepat menyebar, kemudian akan lupa terjadi pembusukan.

Baca Juga: 8 Tanaman Herbal Alami yang Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes, Bisa Turunkan Gula Darah Kata dr. Chrisan

Namun terkadang ketika ada luka tusuk yang cukup dalam kemudian tidak dibersihkan dengan baik, setelah itu terjadi proses penyembuhan yang tidak sempurna yaitu penyembuhan ini hanya terjadi di bagian luar dari luka ini tadi terutama luka di kaki.

Kemudian bagian yang sebelah dalam ini masih terjadi infeksi, maka hal ini akan menyebabkan kaki menjadi membengkak, membesar, hal ini tentunya akan menyebabkan kaki penderita diabetes akan menjadi bengkak.

Kedua, penyebab pembengkakan pada kaki penderita diabetes adalah penyakit gagal ginjal kronis.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ternyata Buah Mengkudu Banyak Manfaat Atasi Masalah Tubuh, Termasuk Diabetes

Penyakit gagal ginjal kronis pada penderita diabetes ini bisa terjadi akibat kadar gula darah yang tidak terkontrol dalam jangka waktu yang panjang, sehingga menyebabkan ginjal dari penderita diabetes ini menjadi rusak.

Kemudian, karena ginjal sudah mengalami kerusakan, hal ini tentunya akan menganggu fungsi dari ginjal yaitu menyaring darah kemudian mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh melalui urine, sehingga biasanya penyakit ginjal kronis ini ditandai dengan produksi urine yang menurun atau tidak kencing sama sekali.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x