Pijat Refleksi Ternyata Punya Banyak Manfaat Bagi Penderita Diabetes, Salah Satunya Turunkan Gula Darah

- 24 Juli 2022, 13:20 WIB
ILUSTRASI: Diabetes.
ILUSTRASI: Diabetes. /FREEPIK/JComp/

PRFMNEWS - dr. Cahyo Purnomo menjelaskan tentang manfaat melakukan pijat refleksi bagi penderita diabetes.

Pijat refleksi adalah pijat yang dilakukan pada titik-titik tertentu di tubuh, seperti pada tangan, kaki, telinga, di mana memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu bagi penderita diabetes.

Selain itu banyak orang yang melakukan pijat refleksi untuk mengatasi keluhan-keluhan lainnya seperti nyeri, peredaran darah tidak lancar, serta agar tubuh jadi lebih rileks.

Baca Juga: Benarkah Obat Herbal Diabetes Bisa Berdampak ke Ginjal? dr. Cahyo Sarankan Periksa Beberapa Hal Ini

Tetapi siapa sangka ternyata pijat refleksi juga bermanfaat untuk penderita diabetes, simak penjelasannya seperti dikutip dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES:

1. Menurunkan Gula Darah Diabetes

Walaupun pijat refleksi ini tidak berpengaruh secara langsung dalam menurunkan kadar gula darah, namun ternyata pijat refleksi ini mampu membuat penderita diabetes mengurangi gejala kecemasan, serta tubuh menjadi rileks dan tidur lebih nyenyak, yang mana beberapa hal tersebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Bagi penderita diabetes yang melakukan pijat refleksi, maka hal ini dapat membantu melancarkan peredaran darah, di mana diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah yang berlangsung lama hingga menimbulkan penyumbatan di area pembuluh darah.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x