9 Gejala Awal Sakit Jantung yang Harus Diwaspadai, Dijelaskan dr. Ema

- 19 Juli 2022, 10:15 WIB
Ilustrasi penyakit jantung
Ilustrasi penyakit jantung /Photo by jcomp/Freepik



PRFMNEWS –
Penyakit jantung merupakan penyakit yang perlu diwaspadai, karena bisa terkena kepada siapa saja dan kapan saja.

Sakit jantung merupakan kondisi jantung yang tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik dan menyebabkan pemompaan darah dan oksigen ke seluruh tubuh terganggu.

Dijelaskan dr. Ema Surya Pertiwi pada kanal YouTubenya Emasuperr, terdapat 9 gejala awal sakit jantung yang harus diwaspadai, diantaranya:

1. Sakit dada kiri

Sakit yang dirasakan di dada kiri kemudian menjalar hingga bahu. Nyeri bisa bertahan dalam waktu lama sekitar 30 menit, atau bahkan muncul sekali, perlahan, dalam waktu 10-15 detik, lalu menghilang tiba-tiba.

“Biasanya ini terjadi akibat kematian sel-sel otot pada jantung ataupun ketidakmampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh,” jelas dr Ema.

Baca Juga: 5 Ciri Pada Kulit Menandakan Kamu Menderita Penyakit Jantung, Nomor 4 Menandakan Kolesterol Juga, Kata dr. Ema

2. Mendengkur

Mendengkur saat seseorang tidur bisa terjadi karena gangguan aliran darah yang seharusnya mengalir ke seluruh tubuh biasanya akan mengalami penumpukan di area paru-paru yang menyebabkan "sleep apnea".

“Selain itu detak jantung bisa tidak teratur bahkan bisa berdetak lebih cepat saat kalian tertidur yang disebut sebagai "aritmia",” tambahnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x