Penderita Kolesterol Jangan Konsumsi Obat Jenis Ini Dalam Jangka Lama, Begini Dampak Buruknya

- 12 Juli 2022, 20:55 WIB
Ilustrasi Kolesterol Tinggi
Ilustrasi Kolesterol Tinggi /PIXABAY/ stevepb

PRFMNEWS - dr Ema Surya Pertiwi mengungkapkan tentang 4 dampak buruk dari salah satu obat kolesterol yang jika dikonsumsi dalam jangka lama.

Salah satu obat kolesterol yang dimaksud oleh dr Ema yaitu ‘Statin’. Penderita kolesterol tentu sudah tidak asing dengan obat jenis ini.

Statin merupakan obat yang lebih sering diresepkan oleh dokter untuk penderita kolesterol serta kadar LDL tinggi diatas 190, selain itu untuk pasien diabetes berusia 40-75 tahun dengan kadar LDL yang tinggi pula, dan pasien dengan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Kadar Gula Tinggi Bisa Ditandai Gejala Ini, Tutur dr. Ema

“Sayangnya Statin digunakan sebagai ‘tiket emas’ untuk mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol secara terus menerus,” kata dr Ema seperti dikutip prfmnews.id melalui kanal YouTube Emasuperr.

Akhirnya penderita kolesterol sering menganggap sepele pola makan yang buruk karena berpikir bahwa Statin dapat membantu kadar kolesterol mereka agar tidak naik. Hal itu merupakan pemikiran yang sangat salah.

Karena diketahui ada bahaya yang tersembunyi jika seseorang mengkonsumsi statin dengan jangka waktu lama. Apalagi jika tidak mau merubah pola makan dan sering mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol. Berikut beberapa dampak buruk yang akan terjadi:

Baca Juga: Efek Kurang Tidur pada Usia Muda, Bahaya Laten Begadang Diungkap dr Ema

1. Efek Pada Otot

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x