Basmi Kutu Scabies dan Telurnya, Inilah Penjelasan Penyebabnya hingga Cara Penanganan Scabies

- 29 Juni 2022, 19:30 WIB
Ilustrasi scabies, penyebab dan cara cegah hingga mengobatinya
Ilustrasi scabies, penyebab dan cara cegah hingga mengobatinya /Pexels/Kamaji Ogino

PRFMMNEWS - Scabies, atau lebih umum disebut dengan kudis pada kulit adalah penyakit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Penyakit ini tentunya bisa menyebabkan penderita merasakan ruam dan gatal di kulit yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyakit ini pun mudah menular, lho.

Jika Anda terkena penyakit ini, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter untuk diberi penanganan lebih lanjut. Penanganan pertama yang bisa Anda coba lakukan dari rumah adalah dengan tanya dokter online untuk tahu langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan.

Untuk meminimalisir penyebaran penyakit ini, ada beberapa cara yang dianjurkan untuk membunuh scabies. Salah satunya adalah dengan cara membunuh kutu scabies dan telurnya. Lantas, apa sajakah cara yang efektif? Simak informasi berikut untuk tahu jawabannya.

Baca Juga: Berat Badan dari 100 Kg Turun Menjadi 50 Kg dengan 10 Cara yang Dibagikan dr. Sung Ini

Penyebab Scabies

Seperti yang sudah disebutkan, scabies adalah penyakit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Tungau ini dapat menempel di permukaan benda yang Anda gunakan sehari-hari di rumah, seperti handuk, pakaian, tempat tidur, bantal, dan peralatan rumah lainnya.

Jika Anda tinggal atau bersentuhan langsung dengan penderita penyakit Scabies, ada baiknya untuk tidak menggunakan alat bersamaan dan memisahkan alat-alat makan, mandi, dan sebagainya. Kontak langsung seperti berjabat tangan, berhubungan seks, pelukan, dan sebagainya juga meningkatkan penularan Scabies. Maka, Anda bisa meminimalisir kontak langsung dengan mereka.

Selain itu, penyakit ini juga dapat menyerang hewan seperti anjing dan kucing. Penyakit ini diakibatkan oleh kutu hewan. Namun, kutu hewan ini berbeda jenis dengan tungau penyebab Scabies pada manusia. Sehingga, Scabies yang ada pada hewan dapat menular pada manusia, namun tidak akan bereproduksi dan tidak akan menyebabkan penyakit.

Gejala Penyakit Scabies

Penyakit Scabies yang diakibatkan oleh tungau ini memang tidak berbahaya dan pada sebagian besar orang, penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya.

Gejala utama yang akan terjadi adalah timbulnya ruam dan gatal-gatal yang sangat hebat di sekujur tubuh.

Tungau Sarcoptes scabiei berukuran sangat kecil dan akan masuk ke dalam pori-pori kulit Anda. Di dalam sini, mereka akan membentuk sarang dan koloni, sehingga akan menjadi benalu pada lapisan kulit manusia.

Hal inilah yang membuat kulit Anda akan terasa sangat gatal dan muncul ruam-ruam, tanda ada kumpulan tungau Sarcoptes scabiei yang ada di bawah kulit Anda.

Jika rasa gatal dan ruam sudah sangat parah, lalu Anda terus menggaruk kulit Anda, hal ini dapat menyebabkan penyakit baru seperti infeksi dan rasa gatal yang semakin parah.

Kulit akan menjadi kering dan bisa menimbulkan luka korengan pada kulit jika terus menerus digaruk.

Baca Juga: SPBU Memiliki Larangan Penggunaan Ponsel saat Pengisian, Amankah Beli Pertalite Via Aplikasi MyPertamina?


Cara Penanganan Penyakit Scabies

Penyakit Scabies pada dasarnya tidak berbahaya. Namun, penyakit ini mudah menular jika ada kontak langsung dan penggunaan alat-alat rumah bersama.

Tungau dapat dengan mudah berpindah tempat dan berkembang biak di tempat baru, terutama kulit manusia sebagai inangnya.

Namun, jika gejala gatal dan ruam sudah sangat parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari, ada baiknya untuk pergi ke klinik atau konsultasikan kepada dokter untuk kemudian diberi penanganan lebih lanjut.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x