5 Gejala Aneh yang Bisa jadi Tanda Awal Diabetes

- 20 Juni 2022, 20:28 WIB
Ilustrasi Diabetes.
Ilustrasi Diabetes. /Pixabay/Tumisu

PRFMNEWS - Banyak orang tidak tahu bahwa mereka sakit, hingga mengembangkan diabetes tipe 2 di tubuh, sampai tes darah menunjukkan kadar gula darah yang tidak normal, atau penyakit mereka berkembang dan komplikasi serius mulai terjadi.

Namun, dalam beberapa kasus, ada tanda-tanda aneh yang muncul. Misalnya, beberapa gejala awal diabetes sudah diketahui yakni, haus terus-menerus, buang air kecil berlebihan, atau kenaikan serta penurunan berat badan secara tiba-tiba.

"Sebagian besar, diabetes tidak terlihat dan berbahaya, tapi sebagian besar waktu orang tidak memiliki gejala sejak dini," kata Ronald Tamler, MD, direktur Mount Sinai Clinical Diabetes Institute.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Indikasi Gejala Awal Stroke Bisa Ditandai oleh 5 Hal ini, Kata dr. Saddam Ismail

Selain gejala yang terkenal seperti rasa haus yang terus-menerus dan sering ingin buang air kecil, berikut adalah beberapa gejala aneh tanda awal diabetes yang muncul, sebagaimana dikutip prfmnews.id dari laman Health.com pada Senin, 20 Juni 2022.

1. Gusi yang meradang atau terinfeksi

Menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Open Diabetes Research & Care, periodontitis juga dikenal sebagai penyakit gusi yang mungkin merupakan tanda awal diabetes tipe 2.

Studi tersebut menemukan bahwa orang dengan penyakit gusi, terutama mereka yang memiliki kasus parah, memiliki tingkat diabetes yang lebih tinggi (baik yang terdiagnosis maupun yang tidak terdiagnosis) dan pra-diabetes dari pada mereka yang tidak.

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Padahal 7 Hal Ini Bisa Sebabkan Penyakit Stroke, dr. Saddam Ismail Sebutkan Cirinya

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x