Jangan Sampai Salah, Ini yang Perlu Diketahui Soal Cara Cuci Tangan

- 13 Juni 2022, 21:20 WIB
Ilustrasi cuci tangan.
Ilustrasi cuci tangan. /pixabay/couleur

PRFMNEWS - Saat ini kita telah melihat banyak informasi tentang perlunya mencuci tangan untuk membantu mencegah atau memperlambat penyebaran virus corona dan Covid-19.

Pemerintah Indonesia juga sudah menerapkan yang namanya 5 M yakni mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Dilansir prfmnews.id dari laman healthylife.com, kali ini mari kita uji pengetahuan apakah benar atau salah tentang cara terbaik untuk membersihkan tangan:

Baca Juga: Covid-19 Varian Baru BA 4 dan BA 5 Terdeteksi di Jakarta dan Bali, Berikut Penjelasan Menkes

1. Tidak peduli berapa lama mencuci tangan selama masih menggunakan sabun – SALAH

Studi menunjukkan bahwa Anda harus menggosok tangan dengan sabun selama minimal 15-30 detik untuk menghilangkan kuman secara efektif.

2. Pembersih tangan (handsanitizer) dapat menggantikan mencuci tangan dengan sabun dan air – SALAH

Mencuci tangan dengan sabun dan air adalah cara terbaik dan paling efektif untuk mengurangi jumlah mikroba serta kuman di tangan.

Meskipun pembersih tangan berbasis alkohol (setidaknya 60%) dapat dengan cepat mengurangi jumlah kuman di tangan dalam beberapa situasi, mereka tidak seefektif sabun dan air dalam hal menghilangkan atau menonaktifkan kuman sebagai penyebab penyakit pencernaan yang berbahaya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x