Inilah Bacaan Niat Puasa Ramadhan yang Benar Sesuai dengan Kaidah Nahwu

- 10 April 2022, 21:24 WIB
Ini Bacaan Niat Puasa Ramadhan 2022 Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan
Ini Bacaan Niat Puasa Ramadhan 2022 Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan /prfmnews

PRFMNEWS - Ramadhan adalah bulan yang diwajibkan berpuasa bagi setiap orang-orang beriman diseluruh dunia dari tiap-tiap generasi atas dasar perintah Allah SWT.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa puasa atau Shaum itu termasuk kedalam rukun Islam.

Satu hal yang mendasari dari setiap rukun amalannya umat Islam adalah niat. Sebagaimana yang pernah dikatakan oleh Sayyidina Umar bin Khattab RA : aku pernah mendengar Rasulullah SAW Bersabda:

Baca Juga: Mau Pulang Kampung? Catat Link, Syarat dan Cara Pendaftaran Mudik Gratis Lebaran 2022 dari Kemenhub

إِنَّ الْأَعْمَلُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّ مَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ إِمْرَأَة يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

“Sesungguhnya setiap amal itu tergantung pada niatnya dan setiap orang akan mendapatkan balasan sesuai dengan apa yang telah diniatkannya. Maka barang siapa yang hijrah karena Allah dan Rasul-Nya, hijrahnya itu akan bernilai unuk Allah dan Rasul-Nya dan barang siapa yang hijrahnya karena ingin mendapatkan dunia atau karena seorang wanita yang hendak dinikahinya maka hijrahnya itu akan bernilai sesuai dengan apa yang telah diniatkannya tersebut,” (HR.Bukhari & Muslim)

Nah karenanya, niat menjadi salah satu dasar yang amat krusial dalam setiap amalan umat Islam, juga penentu kualitas amalan kita hingga sah atau tidaknya amalan kita.

Hampir di setiap bulan Ramadhan muncul perdebatan kecil di antara umat Islam mengenai bacaan niat puasa yang benar sesuai kaidah nahwu.

Jadi ada tiga versi bacaan niat puasa Ramadhan yang beredar di tengah-tengah masyarakat kita. Yang diperdebatkan biasanya adalah mengenai i'rab dari kata رَمَضَانَ dan السَّنَةُ.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah