Kapan Anda Boleh Pecahkan Kaca Jendela Mobil dan Bagaimana Cara Aman Melakukannya?

- 16 November 2021, 06:15 WIB
Ilustrasi kaca mobil dirusak
Ilustrasi kaca mobil dirusak /Freepix/jannoon028/

PRFMNEWS – Melansir situs Stop and Go, ada beberapa situasi darurat yang membuat Anda boleh memecahkan kaca mobil. Situasi darurat tersebut antara lain:

- Mobil terkunci secara tidak sengaja dari dalam dan ada anak atau hewan peliharaan Anda yang harus segera diselamatkan.

- Mobil alami kecelakaan dan Anda harus segera keluar (misalnya, jika kendaraan terbakar), tetapi Anda kesulitan membuka pintu atau menurunkan jendela.

- Mobil Anda terendam banjir atau tenggelam masuk ke perairan (sungai, rawa, danau, dan lainnya).

Baca Juga: Apa itu Manajemen Keuangan dan Fungsinya untuk Perusahaan?

Perlu diketahui, mobil umumnya memiliki dua jenis kaca yang digunakan pada jendela, yaitu kaca laminasi dan tempered.

Kaca laminasi biasanya digunakan untuk jendela samping dan jendela belakang mobil. Kaca jenis ini jauh lebih tahan pecah dibandingkan kaca tempered.

Kaca laminasi bisa mengurangi kemungkinan Anda terlempar dari mobil jika terjadi kecelakaan. Secara statistik, kaca laminasi mampu melindungi Anda dari cedera dan bahkan kematian daripada kaca tempered.

Baca Juga: 8 Tips Mudah Atasi Stres yang Bisa Dilakukan Oleh Diri Sendiri

Tetapi ketika Anda sedang mengalami situasi darurat, kaca tempered jauh lebih unggul untuk mudah dipecahkan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan sebagai upaya antisipasi jika suatu waktu terperangkap dalam situasi darurat dan memaksa Anda harus memecahkan kaca jendela mobil.

- Ketahui sejak dini jendela mana di mobil Anda yang terbuat dari kaca tempered dan kaca laminasi. Anda dapat bertanya kepada dealer atau bengkel resmi.

- Simpan alat pemukul di mobil Anda seperti palu, tongkat, dan benda keras lainnya.

Baca Juga: Warna Mata Menentukan Kesehatan Anda, Ini Perbedaan Mata Gelap dan Terang

Cara Memecahkan Kaca yang Aman Sesuai Situasi Darurat yang Dialami

1. Saat mobil Anda secara tidak sengaja terkunci dari dalam

Pada sejumlah negara, seperti di Arizona, Amerika Serikat terdapat undang-undang yang disahkan pada 2017 menyebutkan bahwa seseorang diizinkan memecahkan kaca jendela mobil jika sedang mengalami situasi darurat.

Situasi darurat itu adalah ada anak kecil atau balita dan hewan peliharaan yang terkunci di dalam mobil secara tidak sengaja. Terlebih jika mereka terjebak dalam mobil dengan suhu yang panas sehingga membahayakan kondisi mereka jika tidak segera dikeluarkan dari mobil.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk memecahkan kaca mobil secara aman jika alami situasi darurat tersebut:

Baca Juga: 5 Tips Aman Berkendara di Jalan Tol Meski dalam Kecepatan Tinggi

- Hubungi polisi dan beritahu mereka tentang situasi darurat yang terjadi. Jika itu bukan mobil Anda, cepat ambil foto situasi dengan ponsel, jika memungkinkan.

- Jika sangat darurat, pecahkan kaca jendela yang posisinya jauh dari anak atau hewan di dalam mobil.

- Jika Anda memiliki alat yang dirancang untuk memecahkan kaca mobil, bidik dengan cermat sudut-sudut jendela untuk memecahkannya. Itu akan jauh lebih efektif daripada mencoba memecahkan bagian tengah jendela.

- Jika Anda tidak memiliki alat seperti itu, lepaskan busi dari bawah kap mobil Anda. Hancurkan busi ke aspal, beton, trotoar atau sisi bangunan blok semen. Cobalah patahkan beberapa bagian tajam dari lapisan porselen busi.

- Lempar potongan porselen busi ke jendela. Titik tajam pada porselen akan memfokuskan gaya, dan akan menyebabkan retakan kecil pada kaca tempered, yang akan menyebar menjadi retakan seperti jaring laba-laba.

- Buang pecahan kaca sebanyak yang Anda butuhkan untuk mengakses pegangan pintu di dalam mobil untuk membukanya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x