Tingkat Hunian Capai 90 Persen, RSHS Bandung Prioritaskan Pasien Covid-19 dengan Kasus Komorbid

- 19 November 2020, 15:16 WIB
 PEMPROV Jabar menggelar pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) COVID-19 terhadap kurang lebih 300 tenaga kesehatan (nakes) dan staf RSHS Bandung di Poliklinik Anggrek, Rabu (25/3/2020).*
PEMPROV Jabar menggelar pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) COVID-19 terhadap kurang lebih 300 tenaga kesehatan (nakes) dan staf RSHS Bandung di Poliklinik Anggrek, Rabu (25/3/2020).* /HUMAS JABAR

PRFMNEWS - Tingkat hunian tempat tidur pasien Covid-19 (virus corona) di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung per tanggal 19 November 2020 sudah mencapai 90 persen.

Agar tidak terjadi over kapasitas, Manajemen RSHS Kota Bandung menerapkan kebijakan layanan prioritas bagi pasien Covid-19 dengan kasus komorbid (memiliki penyakit penyerta).

Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSHS, M. Kamaruzzaman menuturkan, pihaknya masih menerima pasien Covid-19 yang dirujuk ke RSHS Bandung.

Baca Juga: Jadi Sorotan Saat Pilkada, Pemkab Bandung Bentuk Satgas Netralitas ASN

Kendati demikian, pasien Covid-19 dengan gejala ringan maupun tanpa gejala yang dirujuk ke RSHS Bandung, akan langsung dirujuk kembali ke fasilitas BPSDM Jabar untuk menjalani isolasi.

"RSHS masih menerima pasien (Covid-19, namun pasien yang betul-betul sudah disaring. Artinya, pasien dengan tingkat keparahan moderat (high care), atau memiliki kasus-kasus komorbid (penyakit penyerta)," ujarnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Kamis 19 November 2020.

Baca Juga: Skenario Pemerintah Kota Bandung Hadapi Lonjakan Pasien Covid-19, Siapkan Hotel dan Rumah Singgah

Kamaruzzaman melanjutkan, Manajemen RSHS Bandung juga tengah menyusun rencana untuk melakukan modifikasi pada Gedung Kemuning agar jumlah ruang perawatan terhadap pasien Covid-19 bisa bertamabah.

Seperti diketahui, Gedung Kemuning difungsikan seluruhnya oleh Manajemen RSHS Bandung untuk pasien Covid-19. Hal ini terjadi seiring adanya penambahan pasien Covid-19 dalam pada November 2020 ini.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x