Gubernur Jabar Usulkan Patimban City sebagai Support System Pelabuhan Patimban

- 6 November 2020, 18:00 WIB
Rombongan Pemprov Jabar dan Kementerian Perhubungan saat meninjau pembangunan pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat pada Minggu 9 Agustus 2020. Diharapkan soft launching bisa dilakukan pada November 2020 mendatang.
Rombongan Pemprov Jabar dan Kementerian Perhubungan saat meninjau pembangunan pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat pada Minggu 9 Agustus 2020. Diharapkan soft launching bisa dilakukan pada November 2020 mendatang. /HUMAS DISHUB JABAR

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk menjadikan Patimban City (Kota Patimban) sebagai support system Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang. 

Hal itu sesuai prinsip Pemda Provinsi Jabar untuk menghadirkan sustainable development dalam pembangunan di Jabar. Nantinya, pusat pertumbuhan tidak hanya sebagai tempat mencari nafkah, tetapi juga dilengkapi tempat tinggal, rekreasi, kesehatan, hingga pendidikan. 

"Oleh karena itu, kami ingin menghadirkan kota baru yang sementara ini disebut Kota Patimban di Subang ini. Skenario kami, dalam 10-15 tahun, akan hadir 1 juta penduduk di luas 5 ribu hektare," ucap pria yang akrab disapa Emil dalam siaran pers 6 November 2020.

Baca Juga: Perkecil Daerah Blank Spot, Jawa Barat Pasang Internet di Ratusan Desa Tahun Depan

Emil menambahkan, kawasan tersebut per hari ini mulai masuk rancangan desain. Sehingga nanti sepertiganya adalah area supporting system kepada industri pelabuhan dan dua per tiganya futuristic city di mana ada hunian, rekreasi, dan tata guna lahan yang sifatnya campuran,. 

Usulan sejak awal pembangunan ini pun menjadi bagian dalam upaya Pemda Provinsi Jabar untuk mendukung program pemerintah pusat dengan menyempurnakan sebuah kawasan menjadi kawasan perkotaan kelas dunia yang modern. 

"Karena (rencana Patimban City) ini dari nol, kami akan hadirkan secara maksimal. Sehingga ini menjadi kota pelabuhan tercanggih, terbaik, melengkapi (Pelabuhan) Patimban yang didesain terbesar dan tercanggih juga," kata Kang Emil.

Baca Juga: Dirjen Minyak dan Gas Bumi yang Baru Diminta Tekan Impor BBM dan LPG

Dalam agenda tersebut, Kang Emil pun berharap pemerintah pusat bisa mendukung infrastruktur konektivitas maupun tata ruang dari Pelabuhan Patimban ke wilayah sekitarnya sehingga pembangunan pelabuhan tersebut bisa memberikan manfaat regional sehingga industri kecil pun bisa menikmati peluang ekonomi yang ada. 

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x