Perkecil Daerah Blank Spot, Jawa Barat Pasang Internet di Ratusan Desa Tahun Depan

- 6 November 2020, 14:40 WIB
Petugas memeriksa antena very small aperture terminal (VSAT) yang dihubungkan dengan satelit saat peluncuran Desa Digital di Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu, 14 April 2019.*
Petugas memeriksa antena very small aperture terminal (VSAT) yang dihubungkan dengan satelit saat peluncuran Desa Digital di Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu, 14 April 2019.* /Antara Foto/Budiyanto./

PRFMNEWS – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jawa Barat menargetkan 150-200 desa di lebih 20 kawasan di Jawa Barat untuk dipasang internet pada tahun 2021.

Dengan demikian, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berharap blank spot di Jabar semakin kecil dan semua bisa terjangkau internet. Sehingga program Desa Mandiri Desa Digital bisa berjalan maksimal.

Menurut Kepala Diskominfo Jabar, Setiaji, pada tahun lalu sedikitnya ada 386 titik jaringan internet yang telah dipasang di Jabar. 

Baca Juga: Serbu Promo Shopee Gajian Sale! Ada Promo Gratis Ongkir, Cashback Kilat 100%, Hingga Flash Sale 60RB

“Rencananya sekitar 20 lebih kawasan, bisa terdiri dari 150-200 desa di tahun depan,” kata dia saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Jumat 6 November 2020.

Menurutnya sebelum dipasang internet, setiap desa harus memiliki relawan yang berperan sebagai pendamping masyarakat untuk menggunakan internet tersebut.

Ia menambahkan, relawan desa tersebut berperan penting untuk memberikan literasi bagi warga setempat untuk menggunakan layanan internet dengan benar.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Liga Inggris Pekan Ini, Ada Duel Everton vs MU, City vs Liverpool

“Setelah ada infrastruktur kita ada digital literasi, agar masyarakat yang menggunakan internet ini menggunakan dengan baik, tidak menyebarkan hoaks atau konten yang negatif,” ujar Setiaji.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x