Kemenkes Kirim Bantuan Tenda Opname dan Operasi ke RSUD Sumedang

- 3 Januari 2024, 18:00 WIB
Pasien di RSUD Sumedang dievakuasi ke halaman rumah sakit akibat gempa.
Pasien di RSUD Sumedang dievakuasi ke halaman rumah sakit akibat gempa. /Pemkab Sumedang

PRFMNEWS - RSUD Sumedang merupakan salah satu titik yang terdampak gempa Sumedang. Awalnya sebagian pasien terpaksa harus dirawat di tenda darurat.

Namun kini secara bertahap pasien sudah bisa kembali ke ruangan opname di dalam rumah sakit setelah adanya asesmen yang dilakukan Kementerian PUPR yang memastikan kelaikan RSUD Sumedang.

Namun begitu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tetap mengirimkan bantuan tenda operasi dan tenda opname untuk keperluan perawatan di RSUD Sumedang.

Baca Juga: Pemkab Sumedang Akan Mulai Rehabilitasi dan Rekonstruksi Rumah Terdampak Gempa Pekan Depan

“Kemenkes akan mengirimkan dua tenda khusus untuk opname dan operasi," kata Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat mengunjungi RSUD Sumedang Rabu, 3 Januari 2024.

Kata dia, salah satu fokus perbaikan di Sumedang pascagempa adalah RSUD Sumedang dan rumah sakit lainnya karena merupakan salah satu tempat penting.

“Fokus kami terutama di rumah sakit. Kemarin sore ada asesmen dari Kementerian PUPR, pasien sudah bisa kembali ke ruang opname,” katanya.

Selain meninjau kembali RSUD dan lokasi terdempak gempa yang berada di Kelurahan Cipameungpeuk.

Berdasarkan data yang masuk, jumlah kerusakan rumah mencapai 1.136 rumah dengan rusak ringan 876, 136 rusak sedang dan 124 rusak berat.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x