Pemkab Sumedang Akan Mulai Rehabilitasi dan Rekonstruksi Rumah Terdampak Gempa Pekan Depan

- 3 Januari 2024, 14:30 WIB
Pj Bupati Sumedang saat tinjau rumah terdampak gempa Sumedang.
Pj Bupati Sumedang saat tinjau rumah terdampak gempa Sumedang. /PR Sumedang/Adang Jukatdi/

PRFMNEWS - Gempa yang mengguncang Sumedang menyebabkan beberapa rumah warga mengalami kerusakan mulai dari rusak ringan hingga berat.

Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Herman Suryatman memastikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang akan melakukan rehabilitasi dan rekontruksi rumah warga yang terdampak gempa Sumedang.

Kata Herman, proses rehabilitasi dan rekonstruksi rumah warga terdampak gempa Sumedang diagendakan akan dimulai pekan depan pada Senin, 8 Januari 2024.

Sebelumnya Pemkab Sumedang sudah menetapkan masa tanggap darurat bencana selama tujuh hari. Di masa tanggap darurat ini dilakukan asesmen rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa.

Baca Juga: Kapolda Jawa Barat Tinjau Kondisi Sumedang Pascagempa

"Rencananya, Senin 8 Januari 2024, akan mulai dilakukan rehabilitasi dan rekonstruksi. Kami akan melakukan yang terbaik sehingga penanganan bencana di Kabupaten Sumedang akan akuntabel," kata Herman di RSUD Sumedang Selasa, 2 Januari 2024.

Herman menyebutkan, data terbaru kerusakan rumah akibat gempa di Sumedang sudah mencapai 991 rumah.

Namun dia tak menutup kemungkinan jumlah rumah yang terdampak akan bertambah seiring dengan pendataan yang terus dilakukan.

“Data terbaru, jumlah rumah yang rusak mencapai 991 rumah yang tersebar di kecamatan. Kami terus melakukan pendataan secara by name by address. Kami akan melakukan yang terbaik sehingga penanganan bencana di Kabupaten Sumedang akan akuntabel,” kata Herman.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x