Jalan Penghubung Desa Wangunjaya Cianjur Tertutup Longsor, BPBD Turunkan Alat Berat

- 4 Desember 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi longsor
Ilustrasi longsor /Pixabay/clcker free photo images

PRFMNEWS - Jalan penghubung antar kecamatan yang tertutup longsor sepanjang 100 meter di Desa Wangunjaya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur kini dalam penanganan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Jawa Barat menurunkan satu unit alat berat dan dua unit dum truk untuk membuka kembali jalan penghubung antar kecamatan tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Cianjur Asep Sukma Wijaya mengatakan, longsor yang terjadi setelah hujan lebat melanda sebagian besar wilayah Cianjur sejak beberapa hari terakhir Sabtu 2 November 2023, menyebabkan tebing sawah setinggi 30 meter longsor menutup badan jalan.

Baca Juga: KABAR DUKA Mantan Kepala BNPB Doni Monardo Meninggal Dunia

"Longsoran berupa lumpur dan pepohonan besar menutup seluruh badan jalan sepanjang 100 meter dengan tinggi longsoran sekitar tiga meter, sehingga kami langsung mengirim alat berat untuk menyingkirkan material longsor karena sulit dilakukan secara manual," ujarnya.

Memasuki hari kedua Minggu 3 November 2023, sebagian besar material longsor sudah berhasil disingkirkan namun arus lalu lintas belum dapat berjalan normal karena panjangnya longsoran yang menutup jalan, pihaknya menargetkan menjelang Minggu petang sudah dapat dilalui secara bergantian.

Terputusnya jalan utama penghubung atar desa dan kecamatan itu, membuat aktifitas warga terutama perekonomian terhambat karena warga terpaksa mencari jalur alternatif yang lebih jauh untuk sampai ke pusat kota atau ke jalan nasional.

Baca Juga: Segera Beroperasi, TPST Gedebage Disiapkan untuk Olah 60 Ton Sampah Per Hari dengan Metode Khusus

"Kita upayakan Senin sudah bisa dilalui normal karena jalan yang terutup longsor merupakan jalur aktifitas warga yang cukup padat setiap harinya terutama saat jam sekolah dan jam kerja," kata Asep.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x