1 Warga Kota Cirebon Positif Cacar Monyet Jalani Isolasi, 4 Orang Berstatus Suspek

- 10 November 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi cacar monyet atau monkeypox
Ilustrasi cacar monyet atau monkeypox /Pixabay/Gerd Altmann/

PRFMNEWS – Seorang warga Kota Cirebon dinyatakan positif terinfeksi virus cacar monyet atau monkeypox (mpox). Kini pasien terjangkit cacar monyet tersebut sudah menjalani isolasi di Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati, Kota Cirebon.

Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan, pasien positif cacar monyet itu sebelumnya telah menjalani pemeriksaan sampel swab. Setelah dinyatakan hasilnya positif, yang bersangkutan dirujuk ke RSD Gunung Jati untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

"Setelah proses laporan dari kader kesehatan, puskesmas dan diambil sampel dengan swab. Tapi pemeriksaannya di Jakarta. Hari Rabu 8 November 2023 terkonfirmasi positif dan telah dilakukan penanganan. Dirujuk ke RSD Gunung Jati," kata Agus, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Kamis 9 November 2023.

Baca Juga: 1 Pasien Suspek Cacar Monyet di Garut Jalani Isolasi, Dinkes Ungkap Gejala yang Dialami

Agus menambahkan, gerak cepat ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penularan kasus cacar monyet di Kota Cirebon. Dia menegaskan, sejauh ini warga yang terkonfirmasi mpox di Kota Cirebon tercatat satu orang yang telah diisolasi tersebut.

"Kita masih menelusuri penyebab pasien itu dinyatakan positif (cacar monyet)," tuturnya.

Menurut Agus, perawatan pasien mpox tersebut di RSD Gunung Jati itu sudah tepat, karena kondisi dari rumah pasien itu tidak memungkinkan untuk menjadi lokasi isolasi mandiri.

Selain merujuk pasien positif mpox tersebut, ujar Agus, pihaknya juga tengah melakukan pemeriksaan terhadap empat suspek kasus cacar monyet di Kota Cirebon. Keempatnya merupakan keluarga dari warga yang terkonfirmasi positif mpox tersebut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x