1 Pasien Suspek Cacar Monyet di Garut Jalani Isolasi, Dinkes Ungkap Gejala yang Dialami

- 7 November 2023, 16:00 WIB
RSUD dr. Slamet Garut, Jawa Barat.
RSUD dr. Slamet Garut, Jawa Barat. /Kabar Priangan/Aep Hendy/

PRFMNEWS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut menyatakan ada satu orang diduga terinfeksi virus cacar monyet atau monkeypox (mpox).

Pasien suspek cacar monyet ini kini sudah menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut.

"(Suspek) Cacar monyet sekarang ada satu," kata Kepala Dinkes Kabupaten Garut Leli Yuliani, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Senin 6 November 2023.

Baca Juga: Bey Machmudin: Rumah Sakit di Jabar Siap Tangani Pasien Cacar Monyet

Leli menyebutkan, gejala yang dialami pasien suspek cacar monyet di Garut ini. Dia mengatakan pria dewasa berusia sekira 30 tahun itu mengalami demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan timbul cacar seperti umumnya.

“Gejalanya ke arah sana ya (cacar monyet), ada demam di awal, kemudian tiba-tiba hari keempat muncul kayak cacar," tutur dia.

Kini, pasien suspek monkeypox itu, lanjut Leli, sedang menjalani penanganan medis di RSUD dr. Slamet Garut untuk observasi dan uji laboratorium agar dapat diketahui positif atau tidak terjangkit penyakit tersebut.

“Pasien suspek tersebut saat ini oleh tim medis rumah sakit masih terus diamati setiap perkembangannya, dan sedang dilakukan uji sampel di Laboratorium Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga: Dinkes Kota Bandung Sebut Orang Pernah Cacar Air Masih Bisa Kena Cacar Monyet, Begini Cara Pencegahannya

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x