Dinkes Kota Bandung Sebut Orang Pernah Cacar Air Masih Bisa Kena Cacar Monyet, Begini Cara Pencegahannya

- 1 November 2023, 20:30 WIB
Virus cacar monyet dalam mikrograf tak bertanggal. ANTARA/Reuters/CDC/as.
Virus cacar monyet dalam mikrograf tak bertanggal. ANTARA/Reuters/CDC/as. /

PRFMNEWS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menyatakan seseorang yang pernah menderita cacar air masih bisa terinfeksi virus cacar monyet atau monkeypox (mpox). Maka perlu sejumlah upaya untuk mencegah tertular virus monkeypox penyebab cacar monyet.

“Jika orang tersebut pernah terkena cacar air, bukan berarti ia kebal terhadap cacar monyet atau monkeypox,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Bandung dr. Ira Dewi Jani, Selasa 31 Oktober 2023.

"Kalau masalah jenis virus (monkeypox), ini Orthopox. Kalau misal ada yang sudah pernah kena cacar air, dia masih bisa tertular cacar monyet," imbuhnya.

Oleh karena itu, Ira mengimbau, demi memutuskan mata rantai penularan virus cacar air maka masyarakat perlu tetap menjaga jarak, menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), serta rajin cuci tangan.

"Kalau harus mengurus orang-orang dengan monkeypox, bisa pakai handscoon, tidak bersentuhan kulit dengan kulit secara langsung. Setelah itu langsung cuci tangan," imbau dia.

"Tingkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Barang-barang tidak dipakai bersama, tidak tidur dan makan bersama," lanjutnya.

Meski harus waspada, Ira mengimbau masyarakat tetap tenang dengan adanya kasus positif cacar monyet di Kota Bandung. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah masyarakat secara dini mengenali tanda dan kecurigaan monkeypox.

"Kalau ada demam apalagi ada pembesaran kelenjar getah bening atau sesekeleun. Bisa dicari di belakang kuping, bawah rahang bawah, tulang selangka (di dada), dan di lipat paha. Meski benjolannya hanya segede kacang, itu tetap diwaspadai," kata dia.

Lalu, jika sudah timbul lesi yang di dalamnya terdapat nanah, serta tengahnya ada titik seperti menyerupai donat. Maka perlu segera ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah