Bey Machmudin: Rumah Sakit di Jabar Siap Tangani Pasien Cacar Monyet

- 3 November 2023, 21:30 WIB
Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin
Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin /Humas Jabar

PRFMNEWS – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin memastikan beberapa rumah sakit di wilayah Jabar telah disiapkan untuk menangani pasien positif cacar monyet atau monkeypox (mpox).

Sehingga Bey Machmudin mengimbau masyarakat agar tidak panik karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar sudah menyiapkan solusi dan penanganan kasus cacar monyet, termasuk langkah antisipasinya.

"Untuk rumah sakit di wilayah Jabar sudah siap menerima seandainya ada yang terinfeksi atau bergejala," kata Bey Machmudin, Kamis 2 November 2023.

Baca Juga: Gunung Api di Maluku Utara Meletus Malam Ini, Abu Vulkanik Terlontar hingga 1,2 Kilometer

Bey menyampaikan kasus cacar monyet di Jabar hanya menyisakan seorang pasien positif yang terinfeksi dan sedang dalam penanganan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung.

"Jadi yang dirawat di RSHS satu orang, yang sudah sembuh satu, dan yang di Bogor itu negatif. Jadi hari ini tinggal satu orang," ungkap dia.

Guna mencegah terinfeksi virus monkeypox, Bey mengingatkan agar masyarakat disiplin menerapkan pola hidup sehat, cuci tangan, hindari kontak dengan terinfeksi, dan memperhatikan asupan makanan bergizi.

Baca Juga: Kuota Penjualan Tiket Pertandingan Persib vs Arema FC Ditambah

Tak hanya itu, Bey juga mewanti-wanti agar tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan untuk menggunakan masker dan rajin mencuci tangan.

"Antisipasinya yang pertama pola hidup sehat, hindari kontak langsung dengan terinfeksi, terutama nakes harus betul-betul hati-hati menggunakan masker, cuci tangan, makan makanan yang baik dan bergizi," ungkapnya.

Bey menyebut hingga kini belum dilakukan kebijakan pembatasan wilayah terkait antisipasi penyebaran kasus cacar monyet meski di wilayah DKI Jakarta jumlah pasien dirawat akibat terinfeksi mpox sudah mencapai 25 orang.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x