Sejumlah Hotel dan RS Dekat Bandara Kertajati Sudah Beroperasi, Dukung Pindahan Rute Terbang dari Husein

- 25 Oktober 2023, 20:30 WIB
5 Hotel dan Penginapan dekat Bandara Kertajati Majalengka
5 Hotel dan Penginapan dekat Bandara Kertajati Majalengka /FB/Bandara Kertajati

PRFMNEWS – Sejumlah hotel dan rumah sakit (RS) di dekat Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka (KJT) sudah tersedia untuk mendukung operasional penuh bandara terbesar kedua di Indonesia itu mulai 29 Oktober 2023 yang ditandai pula dengan pemindahan rute penerbangan domestik dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung.

Kepastian beberapa hotel dan rumah sakit dekat BIJB Kertajati Majalengka sudah beroperasi dan siap dukung pemindahan rute penerbangan dalam negeri dari Bandara Husein Sastranegara (BDO) mulai 29 Oktober 2023 ini disampaikan Kepala Pelaksana Badan Pengelola Kawasan Rebana Bernardus Djonoputro.

“Infrastruktur pendukung seperti hotel dan rumah sakit sudah tersedia. Beberapa hotel seperti Hotel Horison dan Fieris Hotel telah siap beroperasi. Sementara Aston Inn KJT diperkirakan selesai pada triwulan pertama 2024,” ujar Bernardus, Selasa 24 Oktober 2023.

Baca Juga: Tiket Laris Manis, KCIC Tambah Jadwal Kereta Cepat Whoosh hingga 25 Perjalanan Tiap Hari

"Adanya rumah sakit terdekat, seperti RSU Mitra Plumbon di Cirebon, RSUD Cideres, dan Klinik Surya, akan menjaga keamanan penumpang," imbuhnya.

Selain itu, Bernardus menjelaskan, BIJB Kertajati memiliki fasilitas modern termasuk ruang tunggu dengan kapasitas 1.336 penumpang, tenant makanan dan minuman, ATM Center, klaim bagasi, serta check-in counter untuk penerbangan domestik dan internasional.

Menurutnya pula, layanan transportasi umum antarmoda dari/ke BIJB Kertajati akan menjadi fokus penting dalam rencana aktifnya bandara ini mulai 29 Oktober 2023. Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah memberikan izin untuk 12 operator angkutan antarmoda.

Baca Juga: Agus Subiyanto Resmi Dilantik Sebagai KSAD Gantikan Dudung Abdurachman

"Mereka siap untuk mengoperasikan bus secara maksimal dan melayani trayek dari berbagai wilayah di Jabar. Kementerian Perhubungan juga terus memantau kesiapan BIJB Kertajati hingga 29 Oktober 2023," tutur dia.

Bernardus juga menyoroti tindak lanjut koordinasi pemindahan pelayanan penerbangan ke BIJB Kertajati. Ia menyebut dukungan promosi dan kolaborasi antar-stakeholder diperlukan untuk mengampanyekan pengoperasian penuh BIJB Kertajati.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x