Pemkab Bekasi Siapkan Calon Destinasi Wisata Religi, Target Bisa Dikunjungi Akhir 2023

- 17 Oktober 2023, 10:00 WIB
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1445 Hijriah sekaligus meresmikan revitalisasi makam KH. Raden Ma'mun Nawawi yang berada di Komplek Pondok Pesantren Al-Baqiyatus Sholihat Kampung Cibogo Desa Sindangmulya Kecamatan Cibarusah, pada Minggu (15/10/2023).
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1445 Hijriah sekaligus meresmikan revitalisasi makam KH. Raden Ma'mun Nawawi yang berada di Komplek Pondok Pesantren Al-Baqiyatus Sholihat Kampung Cibogo Desa Sindangmulya Kecamatan Cibarusah, pada Minggu (15/10/2023). /Pemkab Bekasi

PRFMNEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat melakukan revitalisasi makam ulama pejuang kharismatik KH. Raden Ma'mun Nawawi di kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Al Baqiyatus Sholihat, Kampung Cibogo, Desa Sindangmulya, Kecamatan Cibarusah.

Usai dipugar, makam KH. Raden Ma'mun Nawawi ini oleh Pemkab Bekasi akan dijadikan destinasi wisata religi. Selain itu, revitalisasi ini juga sebagai upaya mengusulkan KH. Raden Ma'mun Nawawi sebagai pahlawan nasional.

“Revitalisasi tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah Kabupaten Bekasi dalam mengusulkan KH. Raden Ma'mun Nawawi sebagai pahlawan nasional dengan melengkapi sarana prasarana yang ada, juga bentuk penghormatan atas dedikasi beliau dalam penyebaran agama Islam dan perjuangan untuk bangsa semasa hidup,” ujar Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, Minggu 15 Oktober 2023.

Baca Juga: Alun-alun Mirip Istana Negara IKN Jadi Kado Ridwan Kamil untuk Kabupaten Bekasi

Dani Ramdan menambahkan bahwa program revitalisasi itu kini sudah berjalan dan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2023 sehingga selanjutnya dapat menjadi tempat wisata religi baru di Bekasi.

Dani berharap revitalisasi ini akan menambah kenyamanan, khususnya pengunjung yang berziarah, sehingga upaya menjadikan makam KH. Raden Ma'mun Nawawi sebagai destinasi wisata religi bagi warga sekitar hingga luar daerah bisa berjalan optimal.

“Penataan makam termasuk pembangunan aula dan ruang kelas untuk menambah kapasitas pesantren, sehingga keperluan untuk pengusulan calon pahlawan nasional terdukung, pesantren juga semakin memadai," kata Dani.

"Sekarang banyak generasi muda ingin tahu siapa KH. Raden Ma'mun Nawawi, kemudian masyarakat yang sudah mengenal perjuangan beliau, 'karomah' beliau datang juga untuk berziarah. Makanya fasilitas kita tambah juga mungkin ke depan bisa menjadi destinasi wisata religi sebagaimana yang bisa kita saksikan di makam-makam wali serta aulia di seluruh Tanah Air," imbuhnya.

Baca Juga: Warga Bekasi yang Terdampak Kekeringan Dapat Bantuan Air Bersih dari PMI

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x