Tak Pindah ke Kertajati, Wings Air Masih Layani Penerbangan di Bandara Husein Bandung

- 15 Oktober 2023, 09:00 WIB
Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat, pernah menjadi tempat nonton pesawat komersil, dimana warga banyak ramai sengaja melihat.
Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat, pernah menjadi tempat nonton pesawat komersil, dimana warga banyak ramai sengaja melihat. /DeskJabar/Kodar Solihat

PRFMNEWS – Maskapai Wings Air anggota Lion Air Group masih akan melayani rute penerbangan dari/ke Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung pada 29 Oktober 2023. Trayek penerbangan Wings Air tidak ikut pindah ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka karena layanannya menggunakan pesawat jenis propeller/baling-baling.

Sedangkan sejumlah maskapai yang memindahkan rute penerbangan domestik (dalam negeri) dari Bandara Husein Sastranegara Bandung (BDO) ke BIJB Kertajati Majalengka (KJT) mulai 29 Oktober 2023 adalah maskapai yang terbang menggunakan pesawat jet.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara (DJPU) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) M. Kristi Endah Murni menyampaikan kabar rute penerbangan dalam negeri yang masih akan dilayani Wings Air dari/ke Bandara Husein Sastranegara ini saat meninjau kesiapan infrastruktur BIJB Kertajati, Selasa 10 Oktober 2023.

Baca Juga: Tolong! Dua Ribu Lebih Nyawa Melayang, Rakyat Gaza Butuh Bantuan untuk Bertahan

Pada momen tersebut, Kristi menuturkan pemindahan seluruh rute penerbangan yang dilayani pesawat jet sejumlah maskapai dari BDO ke KJT mulai Oktober 2023 merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pemindahan rute ini menjadi penanda pengoperasian penuh BIJB Kertajati.

"Kami berharap, agar proses pengalihan operasional penerbangan yang sudah menjadi mandat dari Bapak Presiden dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Sehingga nantinya dapat mendukung perekonomian dan pariwisata daerah Jawa Barat," ujar Kristi dalam keterangan resmi, dikutip prfmnews.id pada Sabtu 14 Oktober 2023.

Kristi menyatakan penerbangan berjadwal dari/ke Bandara Husein Sastranegara dengan menggunakan pesawat jet akan berakhir pada 28 Oktober 2023. Sehingga Bandara Husein Bandung hanya akan melayani penerbangan berjadwal domestik oleh Wings Air.

Baca Juga: Jalur Perlintasan Penumpang Sisi Selatan Stasiun KRL Manggarai Ditutup, Ini Akses yang Bisa Digunakan

“Pelayanan penerbangan berjadwal rute domestik ini akan dilayani oleh maskapai Wings Air dengan pesawat jenis propeller untuk rute intra jawa seperti dari/ke Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta (JOG) menggunakan pesawat ATR72-600,” ungkap dia.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x