Jalur Perlintasan Penumpang Sisi Selatan Stasiun KRL Manggarai Ditutup, Ini Akses yang Bisa Digunakan

- 14 Oktober 2023, 17:00 WIB
Pengalihan alur penumpang di Stasiun Manggarai dimulai hari ini Sabtu 14 Oktober 2023
Pengalihan alur penumpang di Stasiun Manggarai dimulai hari ini Sabtu 14 Oktober 2023 //Humas/PT KAI

PRFMNEWS - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan akan menutup jalur perlintasan penumpang kereta rel listrik (KRL) yang berada di sisi selatan Stasiun Manggarai, Jakarta, guna mendukung kelancaran pembangunan Stasiun Sentral Manggarai yang kini sedang berjalan.

“Kami akan menutup jalur perlintasan penumpang atau passenger crossing sisi selatan sehingga kami dapat menyelesaikan pembangunan peron 1 (satu), dan menyambung peron 2 (dua) dan 3 (tiga),” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian M. Risal Wasal saat mengungkap progres pembangunan Stasiun Sentral Manggarai, Kamis 12 Oktober 2023.

Risal menyampaikan, penutupan jalur perlintasan penumpang KRL dan pemindahan akses penumpang diterapkan mulai 14 Oktober 2023. Sebelum memberlakukan hal tersebut pihaknya telah melakukan persiapan akses baru pada 10-12 Oktober 2023, dan pengecekan bersama antara DJKA dan tim PT KAI pada 12 Oktober 2023.

Baca Juga: Puluhan Warga Palestina Tewas dalam Serangan Darat Israel Saat Melarikan Diri ke Gaza Selatan

Persiapan yang dilakukan, ujar dia, mencakup pembongkaran partisi, pemasangan akses ramp pada perlintasan penumpang sementara, hingga pengaktifan lift menuju peron I.

Risal menjelaskan, sebagai alternatif akan dibuatkan akses perlintasan penumpang sementara untuk penumpang KRL melintas di area at grade atau lantai dasar Stasiun Manggarai.

Selain itu, akan dioperasikan pula area concourse lantai 1 dengan membuka partisi pada gedung baru Stasiun Manggarai.

Baca Juga: Upaya Penyelundupan Burung Cenderawasih Digagalkan Polisi di Pelabuhan Jayapura

“Kami juga tengah mempersiapkan akses lift menuju peron 1 untuk menunjang aksesibilitas penumpang sebagai kompensasi atas ditutupnya perlintasan penumpang sisi selatan ini,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x